• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

NU Demak Sambangi Warganya di Kawasan Rob Lakukan Pengobatan dan Bagi Sembako

NU Demak Sambangi Warganya di Kawasan Rob Lakukan Pengobatan dan Bagi Sembako
Ketua PCNU Kabupaten Demak (paling kanan) serahkan bantuan sosial paket sembako kepada warga terdampak rob di Sayung Demak (Foto: NU Online Jateng/Ihsan)
Ketua PCNU Kabupaten Demak (paling kanan) serahkan bantuan sosial paket sembako kepada warga terdampak rob di Sayung Demak (Foto: NU Online Jateng/Ihsan)

Demak, NU Online Jateng 
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Demak menggelar bakti sosial di Desa Timbulsloko dan Surodadi dua wilayah desa di Kecamatan Sayung Demak yang  nyaris sepanjang waktu tergenang air laut pasang (rob).


Ketua PCNU Demak KH Aminuddin Mas'udi mengatakan, akibat bencana rob menjadikan warga di dua desa itu menghadapi berbagai kendala dalam memenuhi kebutuhan pokok hidup minimum sekalipun.


"Menjalani hidup di tengah-tengah rob sudah dijalani warga di dua desa ini selama beberapa tahun, bahkan desa Timbulsloko saat ini terisolir, akses jalan tergenang, aktivitas keluar masuk desa harus menggunakan perahu," kata Kiai Amin di Demak, Ahad (26/5/2024)


Karena itulah lanjutnya, PCNU Demak tergerak hadir di tengah-tengah mereka untuk membantu mencari solusi dalam mengatasi kendala melalui kegiatan bakti sosial yang dikemas dalam kegiatan bertajuk 'Santri dan Dokter NU Mengabdi' pada Sabtu (25/5/2024).


"Dalam kegiatan itu PCNU Demak menerjunkan relawan kader NU yang berkhidmah di Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak dan perangkat NU yang terkait dengan penanganan kebencanaan meliputi LPBI, LAZISNU, JRA, RMI, Arsinu, PDNU, LKNU dan HIPNU," ucapnya.
 


Ditambahkan, aktivitas yang dijalankan di wilayah tergenang rob meliputi pengobatan gratis, pemeriksaan laborat gratis, edukasi kesehatan terkait perubahan iklim dan rob, motivasi warga oleh para kiai, ustadz dan psikolog, pijat refleksi, bekam, dan pembagian sembako.


Uluran tangan NU Demak ini sambungnya, diharapkan dapat mengetuk nurani nahdliyin di manapun berada  untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesulitan yang dihadapi warga di dua desa Kecamatan Sayung.


Direktur RSINU Demak dr Abdul Azis kepada NU Online Jateng menjelaskan, melalui kegiatan bakti sosial dirinya berharap warga terdampak bencana rob tetap memiliki ketahanan dan kesabaran dalam menghadapi kondisi yang tidak diinginkan.


Menurutnya menjalani hidup di tengah kepungan rob harus memiliki ketahan fisik yang prima, faktor kesehatan menjadi sesuatu yang penting. Karena itu masalah kesehatan menjadi salah satu prioritas layanan dalam pengabdian ini.


"RSINU Demak bersama eksponen NU lain setiap saat siap memenuhi panggilan khidmah dalam memberikan layanan kesehatan kepada warga terdampak rob di sini," pungkasnya.


Pengirim: M Nur Ihsan  


Regional Terbaru