• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Regional

Kapolri Sumbang Sapi Kurban di Pesantren Al-Hasani Kebumen

Kapolri Sumbang Sapi Kurban di Pesantren Al-Hasani Kebumen
Sapi kurban bantuan dari Kapolri (Foto: NU Online Jateng/Syarif)
Sapi kurban bantuan dari Kapolri (Foto: NU Online Jateng/Syarif)

Kebumen, NU Online Jateng
Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo menyerahkan 112 hewan kurban dari Polri pada hari raya Idul Adha 1443 H atau hari raya kurban 2022. Sebanyak 112 hewan kurban tersebut terdiri dari 110 sapi dan 2 kambing. 


Kapolri sendiri menyumbangkan 32 ekor sapi. Sapi tersebut didistribusikan ke masjid-masjid yang berdekatan dengan Mabes Polri, Asrama Polri dan pondok pesantren. Salah satunya yakni Pondok Pesantren Al-Hasani, Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian, Kebumen.


Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hasani Gus Fachrudin Achmad NW membenarkan adanya sumbangan hewan kurban berupa sapi dari Kapolri. Dikatakan, sapi milik Kapolri yang di sumbangkan untuk pesantren asuhannya itu berjenis limosin dengan bobot kurang lebih 500 kilogram. 


"Ya, hari ini kita sembelih bersama warga dan para santri," terang Gus Fachrudin usai menyembelih hewan kurban, Ahad (10/7/2022).


Di Pesantren Al-Hasani sendiri sambung Gus Fachru, pada tahun ini menyembelih 4 ekor sapi dan 3 kambing. Satu ekor sapi di antaranya merupakan sumbangan dari Kapolri dan satu ekor kambing dari DPRD Jawa Tengah Bambang Eko Purnomo. Dua ekor kambing dan tiga ekor sisanya merupakan swadaya masyarakat sekitar. Daging kurban hasil penyembilan sendiri dibagikan ke masyarakat dan para santri.


"Terima kasih kami ucapkan terkhusus untuk bapak Kapolri, anggota DPR provinsi serta masyarakat yang telah berkurban di Al-Hasani. Tak lupa masyarakat juga para santri yang telah bergotong turut mensukseskan kurban kali ini," ucapnya.


Terkait adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Gus Fachru memastikan hewan-hewan kurban tersebut dalam kondisi sehat. Terlebih sudah diperiksa oleh petugas kesehatan hewan dari Kecamatan. 


"Insyaallah, kami pastikan hewan kurban baik sapi maupun kambing sehat dan terbebas dari PMK, apalagi tadi juga sudah diperiksa oleh dokter hewan dari Kecamatan Alian,’’ tegasnya.


Kontributor: Syarif Hidayat


Regional Terbaru