• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Regional

Kader Ansor Harus Bersama Besarkan Sorban Tours

Kader Ansor Harus Bersama Besarkan Sorban Tours
Pengurus dan pengelola Sorban Tours Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Nurkhasan)
Pengurus dan pengelola Sorban Tours Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Nurkhasan)

Tegal, NU Online Jateng
Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tegal merintis layanan tour dan travel untuk umroh dan haji dengan nama 'Sorban Tours' tergabung dalam PT Sorban Nusantara. 


Hal itu ditandai kegiatan pembekalan dan pelatihan marketing bagi pengurus Sorban Tours se-Kabupaten Tegal yang digelar Sabtu (8/10/2022) malam di Gedung PCNU Kabupaten Tegal. 


Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pimpinan Pusat GP Ansor Ulil Arkham mengatakan, Sorban Tours adalah murni usaha yang dimiliki oleh Gerakan Pemuda Ansor, sehingga kader harus bersama-sama ikut membesarkan.


"Perusahaan ini (Sorban Tours) memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain," ujarnya


Gus Ulil panggilan akrabnya mencontohkan, jika di biro umroh lain terkadang masyarakat hanya mengenal sales dan direktur cabangnya, sehingga ketika terjadi sesuatu hal sampai tidak diberangkatkan, tidak tahu di mana letak menguapnya uang.


"Tapi jika di Sorban Tours, jamaah bisa mengakses keberadaan uangnya di mana, karena dari tingkat PAC hingga nasional memiliki penanggung jawab yang jelas mulai dari ketua PAC hingga Ketua Umum Pimpinan Pusat," tegasnya.


Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tegal Nurfanani menjelaskan, Sorban Tours ini adalah salah satu komitmen Gerakan Pemuda Ansor dalam berorganisasi.


"Saya berharap pada bulan Februari 2023 mendatang, Sorban Tours Tegal dapat memberangkatkan jamaah umroh sebanyak 50 orang," ucapnya. 


Direktur Cabang Sorban Tours Tegal H Rifan Fahmi kepada NU Online Jateng, Senin (10/10/2022) menyampaikan, ini merupakan bisnis yang sangat realistis. Di mana bagi kader Ansor yang berhasil mengirimkan jamaah, maka akan mendapatkan reward.


"Saya berharap puluhan sales marketing yang hadir pada pelatihan kemarin, dapat berkomunikasi dengan tokoh setempat dan Kepala RA di tingkat ranting atau PAC, karena mereka tokoh di daerahnya masing-masing dan memiliki jamaah majelis ta'lim yang banyak. Jadi beliau para kiai ini diminta tolong ikut mensyiarkan perusahaan ini supaya menjadi besar dan bisa mewujudkan kemandirian organisasi," harapnya. 


Rifan Fahmi optimis dapat memenuhi target memberangkatkan 50 orang pada Februari 2023 mendatang. Terlebih melihat jumlah warga NU dan potensinya di Kabupaten Tegal. Dikatakan, terkait pembiayaan variatif berkisar 30 jutaan, namun pelayanan semua sama. Yang membedakan hanya pesawat yang digunakan. 


"Kepada masyarakat Kabupaten Tegal khususnya warga NU yang berminat haji dan umroh bisa menghubungi perwakilan cabang Sorban Tours Pimpinan Cabang GP Ansor atau melalui marketing PAC Ansor se-Kabupaten Tegal," pungkasnya. 


Kontributor: Nurkhasan 
 


Regional Terbaru