• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 21 Februari 2024

Regional

Harlah Ke-53 MTsNU Cilongok Banyumas Gelar Khataman Al-Qur'an

Harlah Ke-53 MTsNU Cilongok Banyumas Gelar Khataman Al-Qur'an
Kegiatan harlah MTsNU 1 Cilongok Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Yanuarreza)
Kegiatan harlah MTsNU 1 Cilongok Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Yanuarreza)

Banyumas, NU Online Jateng
Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-53 Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTsNU) NU 1 Cilongok, Kabupaten Banyumas ditandai dengan sema'an Al-Qur'an 30 Juz dan refleksi bersama pelaku sejarah pada Rabu (1/2/2023).


Acara yang berlangsung di aula madrasah menghadirkan 2 narasumber yakni Kiai Makhfud Soleh, guru MTs pada tahun 1972 [PGAN 2 tahun] dan Gus Imam Ma'arif alumni MTs yang sekarang Pengasuh Pesantren Nurul Huda Langgongsari Cilongok.


Kepala MTsNU 1 Cilongok Mahmud Faoji mengatakan, peringatan Harlah ke-53 MTsNU Cilongok  merupakan agenda rutin mengenang berdirinya madrasah dan sebagai momentum menghargai sejarah yang didirikan oleh para ulama dan tokoh masyarakat Cilongok.


"Meski peringatan harlah ini kegiatan rutin tahunan, hendaknya menjadi bahan evaluasi dan refleksi diri sejauh mana kita menjalankan khidmah atau pengabdian kepada lembaga yang bernaung di bawah bendera Nahdlatul Ulama," ujarnya.


Menurutnya, evaluasi diri penting sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas anak didik di lingkungan MTsNU Cilongok.


Ketua Panitia Musalim Adha menjelaskan, kegiatan Harlah dalam bentuk refleksi MTsNU yang ke-53 mengundang para mantan kepala madrasah, pengurus madrasah, para alumni, tokoh masyarakat, para pimpinan organisasi NU, badan otonom di NU Kecamatan Cilongok.


"Acara yang dimulai pukul 07.30 dengan tawasulan yang dipimpin oleh Ustadz Abdul Haris diteruskan dengan sema'an Al-Qur'an dibagi ke dalam 12 majelis di ruang kelas dan di halaman madrasah," terangnya.

 
Disampaikan, untuk memeriahkan acara harlah, pihaknya menggelar lomba tumpeng diikuti seluruh kelas total tumpeng sebanyak 53 buah. Sementara di halaman dimeriahkan lomba karaoke antar-perwakilan kelas putera-puteri. 


"Selain itu, panitia juga menggelar lomba membuat video ucapan harlah diikuti oleh 18 kelas," pungkasnya.


Pengirim: Yanuarreza
 


Regional Terbaru