• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Regional

Gandeng Unisnu, SMK Az-Zahra Mlonggo Jepara Gelar Workshop Film Pendek

Gandeng Unisnu, SMK Az-Zahra Mlonggo Jepara Gelar Workshop Film Pendek
Kegiatan workshop SMK Az-Zahro Mlonggo, Jepara (Foto: NU Online Jateng/Nikmatus Sholihah)
Kegiatan workshop SMK Az-Zahro Mlonggo, Jepara (Foto: NU Online Jateng/Nikmatus Sholihah)

Jepara, NU Online Jateng
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Az-Zahra Mlonggo, Kabupaten Jepara menyelenggarakan Workshop Film Pendek yang berlangsung di Aula SMK setempat, Sabtu (20/8/2022). 


kegiatan yang diikuti 36 siswa jurusan broadcasting menggandeng Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara bertujuan untuk memperkenalkan produksi film pendek dari mulai proses ide hingga pascaproduksi.


Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Ahmad Muzaiyin saat membuka pelatihan mengatakan, kegiatan workshop sangat penting bagi siswa untuk menambah pengetahuan dan membekali siswa dalam membuat film. 


“Semoga dengan adanya kegiatan ini siswa bisa lebih terpacu lagi semangatnya untuk berkreasi dan berinovasi melalui produksi film,” harap guru yang akrab disapa Zayyin.


Sambutan positif juga disampaikan oleh Ketua Jurusan Broadcasing SMK Az-Zahra, Ahmad Robbit Himami. Pihaknya menyatakan bahwa film pendek merupakan salah satu jenis film yang sedang tersorot dalam beberapa tahun ini. 





"Karenanya, kegiatan ini sangat penting untuk membekali siswa agar bisa turut berkontribusi memajukan dunia perfilman Indonesia. Ke depannya, saya berharap siswa bisa lebih kreatif dalam mengerjakan karya visual dan menekuninya menjadi seorang content creator,” ungkapnya. 


Ketua Prodi KPI Unisnu Jepara Khoirul Muslimin kepada NU Online Jateng, Selasa (23/8/2022) menjelaskan, kegiatan workshop dilaksanakan dengan menggunakan metode project based melalui lima tahapan. Yakni pemaparan materi mengenai teknik pembuatan film, praktik pengambilan video, review hasil pengambilan video yang telah dibuat, evaluasi, dan pengumpulan produk.


“Targetnya adalah siswa tidak hanya memahami teknik pembuatan dan produksi film saja. Tetapi, mereka juga mampu mewujudkannya dalam produk film dokumenter,” terangnya.


Bersamaan dengan workshop juga dilakukan penyerahahan dokumen kerja sama antara kedua pihak. Dari SMK Az-Zahra Mlonggo diwakili Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Ahmad Muzaiyin, dan Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat dan Hubungan Industri Kingkin Wuryandari. Sementara dari pihak Unisnu hadir Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Abdul Wahab dan Ketua Prodi KPI Khoirul Muslimin. 


Pengirim: Nikmatus Sholikhah 


Regional Terbaru