• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Regional

Gandeng GKMNU, TPQ Roudlotul Atqiya Batang Gelar Parenting Keluarga Maslahah

Gandeng GKMNU, TPQ Roudlotul Atqiya Batang Gelar Parenting Keluarga Maslahah
Kegiatan parenting keluarga maslahah TPQ Karangasem, Batang (Foto: Dok)
Kegiatan parenting keluarga maslahah TPQ Karangasem, Batang (Foto: Dok)

Batang, NU Online Jateng
Gandeng Satuan Tugas (Satgas) Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU), Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Roudlotul Atqiya' Kelurahan Karangasem, Batang menggelar Parenting Keluarga Maslahah pada Ahad (25/2/2025) di Aula TPQ setempat.


Kepala TPQ Roudlotul Atqiya' Najib Najdi mengatakan, kegiatan parenting bagian dari kesadaran bersama mengenai pentingnya kerja sama sekaligus keterlibatan antara orang tua, guru dan masyarakat dalam mendidik anak. 


"Harapannya kegiatan ini juga bisa menjawab permasalahan pendidikan anak di era society 5.0," ujarnya.


Disampaikan, kegiatan bertajuk 'Parenting Keluarga Maslahah' dengan tema 'Mendidik Anak Berkarakter dalam Membangun Keluarga Maslahah' menghadirkan narasumber dosen Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.


"Semoga kegiatan ini dapat memberikan pencerahan tentang pentingnya membina keluarga maslahah," ucapnya dalam siaran pers yang diterima redaksi NU Online Jateng.
 


Dosen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan Irfan Haris didapuk sebagai narasumber kegiatan ini menyampaikan kesan yang baik dalam kegiatan yang dihelat TPQ Roudlotul Atqiya'.


"Ini satu-satunya Tamam Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) yang pertama kali menyelenggarakan parenting," ungkapnya. 


Menurutnya, ada beberapa cara mencegah kenakalan anak dan remaja di antaranya menerapkan aturan dan konsekwensi, luangkan waktu untuk anak, jadilah panutan yang baik, hindari bersikap mencela/menghakimi/kasar, dan kuatkan fondasi agama. 


"Sementara cara mengatasi berbagai problem di antaranya menanamkan nilai dan norma, mindful parenting, bisa menjaga kedekatan dengan rileks, menyediakan program terjadwal, berikan wadah kreativitas, pengontrolan, berikan keteladanan dan doa serta tirakat," bebernya. 


Kegiatan berlangsung dalam waktu 3 jam dengan peserta 60 orang tua/wali santri dan para guru TPQ Roudlotul Atqiya' yang aktif di dalam forum. (*)


Regional Terbaru