• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Regional

Galang Donasi, JPZISNU Purwokerto Barat Banyumas Kelola 687 Kotak Infaq NU

Galang Donasi, JPZISNU Purwokerto Barat Banyumas Kelola 687 Kotak Infaq NU
Foto: Ilustrasi (Djarmanto)
Foto: Ilustrasi (Djarmanto)

Banyumas, NU Online Jateng
Hingga pertengahan September 2022 lalu jumlah kotak infaq (Koin) NU  yang dikelola Jaringan Pengelola Zakat, Infak, Sedekah (JPZIS) NU Berkah Remen Silaturahim (Beres) Purwokerto Barat, Banyumas mencapai 687 buah.


Ketua JPZIS Purwokerto Barat Daryanto mengatakan, dengan semakin bertambahnya kotak koin NU yang menyebar ke berbagai komunitas menuntut manajemen JPZIS semakin merapikan rentang kendali manajemen penggalangan dan pengalokasian ZIS.


"Hampir dipastikan akan bertambah terus seiring  meningkatnya kesadaran warga untuk berderma melalui jaringan LAZISNU. Ini tantangan yang harus kita hadapi dan selesaikan," kata Daryanto di Banyumas, Rabu (22/9/2022).


Menurutnya, kondisi itu menandakan bahwa semangat warga ber-ZIS lewat perangkat NU semakin tumbuh. Dirinya akan terus berupaya memberi layanan yang sebaik-baiknya.


"Dengan semakin bertambahnya munfiq atau donatur koin NU, maka manajemen JPZIS Purwokerto Barat harus menambah jumlah petugas lapangan, hal ini sudah menjadi pemikiran kami dan menjadi agenda untuk diprogramkan.


Saat ini lanjutnya, jumlah petugas lapangan sebanyak 16 orang. Mereka mengelola 687 koin NU yang berada di tempat tinggal para munfiq atau donatur yang setiap bulan dibuka, dihitung, dan dibukukan di kas JPZIS Purwokerto Barat.


"Manajemen terus bergerak karena potensi ZIS yang ada belum dioptimalkan secara penuh, salah satu caranya melalui sosialisasi dan silaturahim ke sejumlah komunitas atau instansi," terangnya. 


Terakhir ujarnya, sosialisasi dan silaturahim dengan guru dan karyawan MI Ma'arif NU 1 Pangebatan Karanglewas beberapa waktu lalu. Hasilnya 15 guru/karyawan madrasah ini menyatakan siap menjadi donatur dan tempat tinggalnya siap diberi koin NU untuk diisi yang setiap bulan dibuka bersama dengan petugas. 



Guru dan karyawan MI Ma'arif NU 1 Pangebatan Karanglewas ​​​​​​, Banyumas bersedekah melalui LAZISNU (Foto: Djarmanto)​


Bendahara JPZIS Purwokerto Barat Sri Wakhyuni kepada NU Online Jateng menjelaskan, dalam pengumpulan dana dan pemanfaatanya di setiap bulan diserahkan kepada pengelola JPZIS Beres, sedangkan pemanfaat penyalurannya berpedoman pada aturan yang berlaku sesuai yang telah disepakati bersama-sama antara JPZISNU dengan LAZISNU Banyumas.


“Perlu saya sampaikan juga, program unggulan JPZIS Beres adalah 'sing teles ngopeni sing garing (Lespeniring) yang lebih rejekinya, waktunya, seyogyanya bisa terus berbagi, membatu yang kurang dan membutuhkan, juga untuk kemandirian warga kemaslahatan umat dalam membantu pemerintah melayani warga masyarakat di Banyumas," ucapnya.


Dikatakan, pada kurun waktu tiga kali triwulan (Januari-September) 2022 JPZIS Purwokerto Barat berhasil menghimpun dana sebesar Rp93,1 juta. Dari sejumlah itu yang telah dialokasikan senilai Rp75 juta dengan komposisi untuk alokasi bidang ekonomi sosial sebesar 36 persen, pendidikan 49 persen, kesehatan 12 persen, dan siaga bencana 3 persen. Posisi saldo sebesar Rp18,1 juta.


Kepala MI Ma'arif NU 1 Pangebatan Karanglewas, Nur Khasanah mewakili seluruh guru dan karyawannya, mengucapkan syukur alhamdulillah, terima kasih, dan merasa sangat tersanjung dan terhormat karena bisa bergabung menjadi munfiq dalam wadah LAZISNU.
 

"Semoga saya bisa belajar dan mengikuti jejak pada senior berkhidmah kepada NU melalui aktivitas LAZISNU. Saya pribadi dan atas nama MI berharap ke depan bisa lebih berkembang dan bisa lebih bermanfaat untuk orang banyak," pungkasnya.


Pengirim: Djarmanto 


Regional Terbaru