• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Regional

Diklatsar Banser untuk Perkuat Khidmah Kepada NU

Diklatsar Banser untuk Perkuat Khidmah Kepada NU
Kegiatan Diklatsar Banser Patebon, Kendal (Foto: NU Online Jateng/Kridaanto)
Kegiatan Diklatsar Banser Patebon, Kendal (Foto: NU Online Jateng/Kridaanto)

Kendal, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser selama 3 hari (1-3/12/2023).


Kegiatan yang berlangsung di Madrasah Diniyah Ula NU 04 Al-Mubtadiin Desa Margosari, Kecamatan Patebon diikuti 79 pemuda dari berbagai wilayah se-Kecamatan Patebon.


Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Kendal Misbahul Munir berpesan agar peserta diklatsar dapat secara seksama mengikuti kegiatan sesuai dengan instruksi panitia dan instruktur. 
 


"Untuk menjadi Banser, kader Ansor wajib mengikuti proses diklatsar. Dengan proses penggemblengan baik di dalam kelas maupun lapangan akan lebih menguatkan kader Banser dalam hal keilmuan, kedisiplinan, dan loyalitas kepada organisasi,” ujarnya.
 

Gus Misbah panggilan akrabnya mengapresiasi atas tema kegiatan yang dipilih panitia yakni 'Mencetak Kader yang Ikhlas dan Beradab dalam Berkhidmah' adalah sangat berbobot dan relevan di kekinian.


“Di tengah pandangan hidup yang serba materialistik, panitia memunculkan dan menguatkan kembali frasa 'Kader yang Ikhlas dan Beradab'. Di sinilah para peserta ditempa menjadi kader Banser yang memang sudah teruji atas komitmen dan khidmah menjadi garda terdepan dalam melindungi Ulama NU serta konsisten menjaga NKRI,” ucapnya.
 


Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Patebon Adip Solihin menyampaikan, Banser merupakan organisasi semi otonom Ansor yang mengemban tugas yang sangat mulia. 


“Kaderisasi melalui diklatsar yang dilaksanakan secara kontinyu dan berkualitas menjadi upaya menjaga regenerasi dalam organisasi Ansor Banser. Mari kita bangkitkan semangat berkhidmah di NU. Dengan bergabung menjadi kader Banser, sahabat-sahabat sudah mengawali perjuangan di NU  sebagai garda terdepan," ungkapnya.


Ketua panitia kegiatan Nasarudin menjelaskan, dalam kegiatan ini telah disiapkan tim instruktur dan pemateri  yang memberi pembekalan materi kepada peserta, seperti pendalaman materi akidah aswaja An-Nahdliyah, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Tata Upacara Bendera (TUB),  pengamanan lalu lintas, ke-Banser-an, keorganisasian Ansor, kepemimpinan, kebangsaan, dan bela diri. 


“Dengan menumbuhkan rasa khidmah kepada NU dan menguatkan jiwa korsa, Banser harus siap menjadi kader yang tidak keder dalam mengawal dan membela NKRI, Pancasila, dan ajaran aswaja an-nahdliyah serta setia pada garis pungkasnya.
 

Pengirim: Muhammad Kridaanto 


Regional Terbaru