• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Nasional

Ketua Umum PBNU dan Menag Takziah Ke Keluarga Gus Luthfi Lasem Rembang

Ketua Umum PBNU dan Menag Takziah Ke Keluarga Gus Luthfi Lasem Rembang
ketua Umum PBNU dan Menag RI ziarah ke makam Kiai Luthfi Lasem Rembang (Foto: NU Online Jateng/Lilik)
ketua Umum PBNU dan Menag RI ziarah ke makam Kiai Luthfi Lasem Rembang (Foto: NU Online Jateng/Lilik)

Rembang, NU Online Jateng
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf dan Menteri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas beserta rombongan bertakziyah ke Pesantren Al-Hamidiyyah 2 Desa Soditan Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang pada Sabtu (11/6) malam.


Silaturahim bertakziah ke rumah duka dan berziarah setelah mendapat kabar duka wafatnya pengasuh Pesantren Al-Hamidiyyah 2 Lasem Rembang KH Moh Luthfi Thomafi yang juga Ketua Bidang Keagamaan PP GP Ansor disambut hangat oleh kakak almarhum H Muhammad Arwani Thomafi yang juga Sekretaris Jenderal DPP PPP. 


Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menyebut, almarhum Gus Luthfi bisa dijadikan teladan atas sikap dan sifat beliau selama belasan tahun berjuang bersama Gerakan Pemuda Ansor dan Nahdlatul Ulama.


“Saya mengajak kepada sahabat-sahabat Ansor, Banser, dan kader NU seluruhnya untuk melihat Gus Luthfi sebagai teladan kita semua tentang bagaimana perjuangan harus dilakukan, tentang bagaimana kesetiaan harus diteguhkan, dan tentang bagaimana cita-cita harus terus dijadikan pancang tujuan,” ujarnya. 


Putra salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Muhammad Cholil Bisri pasangan Nyai Hj Muchsinah Cholil ini menambahkan, haqul yakin bahwa apa yang selama ini diperjuangkan oleh Kiai Luthfi merupakan tanaman berkah tersendiri.


“Semoga pohon berkah yang ditanam mendiang sungguh dapat dipetik buahnya, dinikmati oleh anak-anaknya, oleh sahabat-sahabat yang mencintainya, dan juga Nahdlatul Ulama,” pungkas Gus Yahya mantan Jubir Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).





Ketua Umum PP GP Ansor yang juga Menteri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, baru bisa bertakziah ke rumah almarhum Gus Luthfi, sapaan akrab KH Moh Luthfi Thomafi yang wafat pada Kamis (9/6/2022) kemarin, usai kunjungan kerja di Vatikan. 


“Saya menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas wafatnya Gus Luthfi Thomafi, Direktur Al-Hamidiyyah Islamic Center Lasem Rembang yang juga kader terbaik Gerakan Pemuda (GP) Ansor,” ungkapnya saat melakukan takziah di Pesantren Al-Hamidiyyah 2 Lasem Rembang.


Gus Men demikian sapaan akrabnya Gus Yaqut, berita duka ini sangat mengagetkannya. “Mengingat almarhum Gus Luthfi adalah sosok yang masih muda dan enerjik, serta cukup aktif dalam kegiatan-kegiatan kepemudaan,” bebernya. 


Usai bertakziah, Menteri Agama RI H Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf berziarah ke makam almarhum KH Moh Luthfi Thomafi di pelataran salah satu bangunan kompleks Yayasan Hamidiyah di Desa Ngemplak Kecamatan Lasem, Rembang Jawa Tengah. 


Tampak hadir membersamai istri Ketua Umum PBNU Gus Yahya Nyai Hj Nunik Isyi Na‘imah Yahya, kakak almarhum H Muhammad Arwani Thomafi, Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah H Sholahudin Aly, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah H Musta’in Ahmad, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Rembang H Muhammad Fatah.


Kemudian anggota DPRD Jawa Tengah Fraksi PPP H Abdol Aziz, Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan PC GP Ansor Rembang Abdurrahman Jauhari, Ketua Bidang Kaderisasi PC GP Ansor Rembang Marlan, Kepala Satkorcab Banser Rembang Abdul Rosyid, dan Ketua PAC GP Ansor Lasem Ahmad Zuhud. 


Kontributor: Moh Lilik Wijanarko


Nasional Terbaru