Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra

Dinamika

Cara Banom NU Manguneng Batang Makmurkan Masjid Baiturrahman

Kirab merah putih dalam rangka peresmian Masjid Baiturrahman Menguneng, Batang (Foto: NU Online Jateng/Lili)

Batang, NU Online Jateng
Badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) di Desa Manguneng, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang memakmurkan Masjid Baiturrahman melalui berbagai aktivitas organisasi dalam bentuk kegiatan sosial maupun keagamaan.


Ketua Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Manguneng Evi Shoviana mengatakan, memakmurkan masjid merupakan bagian dari amanat organisasi dan perangkat organisasi di bawah bendera NU.


"Seluruh banom NU di wilayah Manguneng siap memakmurkan Masjid Baiturrahman yang diresmikan penggunaannya sejak seminggu yang lalu," kata Evi Shoviana kepada NU Online Jateng di Batang, Kamis (18/8/2022).


Baca Juga:
Rais MWCNU Warungasem Batang Sebut Pengurus NU Ibarat Paku dalam Sebuah Bangunan


Dikatakan, sebagai tanda kesiapan itu saat peresmian Masjid Baiturrahman tanggal 8 Agustus lalu seluruh banom NU Manguneng menggelar kirab bendera merah putih dan pengajian umum bersama masyarakat.


"Agenda kirab dilaksanakan Senin (8/8) pagi hari menyusuri jalan desa pesertanya meliputi peserta didik PAUD Bunga Bangsa, RA Muslimat NU, SDN Menguneng 01, semua Banom NU Ranting Menguneng, dan jamaah Masjid Baiturrahman," terangnya.





Dia menambahkan, kegiatan kirab bendera juga dimeriahkan aksi dan atraksi  Marching Band SD Lebo 02, Marching Band Banser Pecalungan, Group Simtudduror Shofiyatul Hawa dari Fatayat Ranting Desa Menguneng, dan pasukan Pengibar Bendera dari IPNU-IPPNU Menguneng.


"Sedangkan pengajian umum merupakan penutup dari berbagai rangkaian kegiatan yang   digelar pada malam harinya di Masjid Baiturrahman. Pengajian ini dimeriahkan grup Hadroh Az-Zahir dari Pekalongan pimpinan Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf," ungkapnya. 


Ketua panitia kegiatan peresmian Masjid Baiturrahman H Islamin menjelaskan, agenda pengajian umum sekaligus tasyakuran atas diresmikannya masjid ini oleh pejabat bupati Batang.


"Acara peresmian masjid dihadiri Kapolsek Warungasem, jajaran pemerintahan Desa Menguneng, tokoh masyarakat desa, serta masyarakat Menguneng dan sekitarnya," pungkasnya.

 
Pengirim: Lili Rohmawati

Editor: Samsul Huda

Artikel Terkait