Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra

Dinamika

Bekali Pengurus Baru, IPNU-IPPNU Jatibarang Brebes Gelar Upgrading

Pelantikan dan upgrading PAC IPNU-IPPNU Jatibarang, Brebes (Foto: NU Online Jateng/Firdaus)

Brebes, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes mengadakan Pelantikan dan Upgrading masa khidmat 2022-2024 dengan mengambil tema 'Akselerasi Pelajar Nahdliyin Demi Terealisasinya Organisasi yang Bersatu, Berkomitmen, dan Berjaya'.


Kegiatan yang berlangsung di Gedung Serba Guna Masjid Al-Ittihad Jatibarang Brebes pada Ahad (3/7) diikuti seluruh pengurus PAC IPNU-IPPNU dan Ranting se-Kecamatan Jatibarang.


Ketua PAC IPNU Kecamatan Jatibarang Fathul Umar mengatakan, Upgrading adalah salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dengan indikator yang mendukung semua lini dalam kinerja sebuah organisasi, dalam hal ini IPNU-IPPNU. 
 


Baca Juga:
IPNU-IPPNU Organisasi Strategis di NU

Fatkhul Umar berharap, upgrading untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dari para pengurus guna mewujudkan kekompakan dan kesolidan di kepengurusan kali ini. Sehingga nantinya kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan akan jauh lebih kreatif dan inovatif.  


"Banyaknya pengurus yang baru pada periode 2022-2024 maka upgrading menjadi sangat penting untuk memadukan langkah agar selama menjadi pengurus tetap kompak dan organisasi menjadi lebih dinaamis," terangnya.


"Pemilihan narasumber pada kegiatan upgrading kali ini berdasarkan hasil rekomendasi dari senior-senior dan hasil kesepakatan rapat dengan anggota pengurus yang kemudian menjatuhkan pilihan kepada Gus H. Aqib Malik, S.Th.I. Beliau merupakan salah satu putra sesepuh dari Pondok Pesantren Babakan,Tegal yang kini menjabat sebagai 


Ketua Pengurus Cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulana (LDNU) Kabupaten Tegal KH Aqib Malik mengatakan, organisasi IPNU-IPPNU layaknya seperti sebuah kendaraan, tentu kendaraan yang berada di bawah naungan NU.


"Seorang pemimpin yang tangguh harus bisa menghantarkan organisasi menuju kearah yang lebih baik dan memberikan ruang kepada para anggotanya untuk konsen dalam bidangnya, seperti kewirausahaan, jurnalistik, ataupun yang lainnya," terangnya. 


Menurutnya, pemimpin yang tangguh akan memberikan warna yang berbeda dalam sebuah organisasi. Kekompakan dan solidaritas dalam sebuah organisasi perlu bersama-sama dipupuk dan dijaga kesemangatannya antar anggota satu dengan yang lainnya. 


Disampaikan, kunci sukses dalam berorganisasi ada 3 B yakni Banyak aktivitas, Beragam aktivitas, Banyak ketemu orang. "Dengan melaksanakan 3 B itu maka Insyallah akan mengantarkan majunya organisasi IPNU-IPPNU di Kecamatan Jatibarang lebih banyak jejaring dengan berbagai organisasi maju yang lainnya," pungkasnya.


Pengirim: A'isy Hanif Firdaus

Editor: M Ngisom Al-Barony

Artikel Terkait