• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 4 Februari 2023

Regional

Peringati Harlah Ke-2, NU Online Jateng Gelar Lomba Menulis

Peringati Harlah Ke-2, NU Online Jateng Gelar Lomba Menulis
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Semarang, NU Online Jateng
Media NU Online Jateng pada tanggal 22 Oktober 2022 mendatang genap berusia 2 tahun. Untuk menyemarakkannya NU Online Jateng menggelar lomba menulis untuk kategori opini dan tokoh kiai kampung.


Pemimpin Umum NU Online Jateng Samsul Huda mengatakan, peringatan Harlah ke-2 NU Online Jateng untuk tahun 2022 dilaksanakan secara berbeda yakni menggelar lomba penulisan opini dan tokoh kiai kampung.


"NU Online Jateng memberikan kesempatan kepada pelajar NU tingkat SMA dan sederajat di bawah naungan LP Ma'arif NU dan santri di bawah Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) untuk menulis sosok kiai kampung yang memiliki peran sangat besar bagi keberadaan pesantren dan NU," ujarnya Sabtu (11/9/2022). 


Menurutnya, profil kiai kampung belum banyak ditulis meski memiliki jasa yang cukup besar bagi NU. Melalui momentum Harlah ke-2 NU Online Jateng pihaknya menawarkan ke pelajar dan santri untuk menulis sosok kiai yang sudah meninggal.


"Dari hasil tulisan nanti akan diambil terbaik 1, 2, dan 3 diberi piala, piagam, dan uang pembinaan. Kemudian karya-karya yang masuk akan dibukukan sebagai khasanah NU Jawa Tengah," terangnya.


Selain lomba menulis tokoh kiai kampung, pihanya juga memberikan kesempatan kepada masyarakat umum menulis opini dengan tema 'NU Menjemput Abad Kedua Menuju Peradaban Baru' panjang tulisan minimal 800 kata dan maksimal 1000 kata.



Ketentuan mengikuti lomba (Foto: Dok)

"Kiriman tulisan dalam bentuk PDF dan word ke email panitia [email protected] ditunggu paling lambat 10 Oktober 2022," ungkapnya.


Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah H Hudallah Ridwan Naim menyambut baik gagasan NU Online Jateng menggelar lomba menulis. Baginya lomba menulis tokoh sekaligus menggali potensi kader NU untuk mengenal tokoh kiai kampung yang memiliki andil yang cukup besar bagi pesantren dan NU merupakan langkah jitu.


"Alhamdulillah NU Online Jateng membuka ruang bagi kader-kader muda NU untuk lebih giat dalam bidang literasi," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru