• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 4 Februari 2023

Regional

HARLAH KE-88 GP ANSOR

Momen Harlah, Ansor Demak Kota Santuni Ratusan Anak Yatim

Momen Harlah, Ansor Demak Kota Santuni Ratusan Anak Yatim
Kegiatan santuan anak yatim yang diselenggarakan GP Ansor Demak Kota (Dok. Ansor Demak)
Kegiatan santuan anak yatim yang diselenggarakan GP Ansor Demak Kota (Dok. Ansor Demak)

Demak, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Demak Kota, Kabupaten Demak menyantuni sebanyak 250 anak yatim dan fakir dari ranting-ranting desa di wilayah Kecamatan Demak Kota. Kegiatan tersebut diadakan bertepatan pada momen peringatan hari lahir (Harlah) ke-88 GP Ansor, Ahad (24/4).

"Terlebih di Bulan Ramadhan yang merupakan momen spesial bagi kita umat Islam. Di bulan suci ini, semua berlomba untuk memberikan yang terbaik, ini memang benar-benar menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat dan harus terus dilestarikan," ujar Ketua panitia kegiatan santunan PAC Demak, Ahmad Arif.

Disampaikan, kegiatan yang berlangsung di Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Demak itu, diselenggarakan rutin setiap tahun dan sudah berlangsung kurang lebih 25 tahun lamanya.

Pembina PAC Ansor Demak, Sholichul Hadi dalam ceramah yang ia sampaikan, jangan menyia-nyiakan anak yatim. Sesungguhnya orang yang memelihara anak yatim, akan mendapatkan jaminan surga kelak bersama Nabi Muhammad SAW, sebagaimana kedekatan jari telunjuk dan jari tengah.

"Ini merupakan salah satu amalan yang sudah diperintahkan langsung oleh Allah SWT untuk semua umat-Nya. Salah satunya adalah dengan menyantuni anak yatim yang diwajibkan bagi mereka yang mampu," terangnya.

Kepada NU Online Jateng, Selasa (26/4), Ketua PAC GP Ansor Demak Kota, Untung Ali Romdon mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang sudah ikut berpartisipasi. Ia berharap, uang santunan yang telah disalurkan kepada anak yatim bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti beli baju baru atau keperluan sekolah.

"Semoga kita semua mendapat keberkahan dan ridha dari Allah SWT, serta GP Ansor ke depannya bisa istiqamah dalam menebar kebaikan bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya,” pungkasnya.


Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri perwakilan dari pengurus Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) Kecamatan Demak, Badan Otonom (Banom), Pengurus Ranting NU di wilayah kecamatan tersebut, dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Demak. Acara berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Ketua MWCNU Demak, KH Abdullah Makhalli.


Kontributor: Samsul Maarif


Regional Terbaru