• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Regional

LBH Ansor Boyolali Gelar Penyuluhan Hukum Ke Pelajar

LBH Ansor Boyolali Gelar Penyuluhan Hukum Ke Pelajar
LBH GP Ansor Kabupaten Boyolali menyelenggarakan penyuluhan hukum (Dok. LBH Ansor Boyolali)
LBH GP Ansor Kabupaten Boyolali menyelenggarakan penyuluhan hukum (Dok. LBH Ansor Boyolali)

Boyolali, NU Online Jateng
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Boyolali melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Sunan Kalijaga Sampetan, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali, Selasa (5/12/2023).

Ketua LBH GP Ansor Kabupaten Boyolali Teguh Kayen mengatakan, kegiatan Sosialisasi Penyuluhan Hukum di Lingkungan Sekolah merupakan implementasi dari Clinic Legal Education (CLE).

"Harapannya kepada siswa dan civitas pendidikan dapat sedini mungkin melakukan pencegahan terhadap Pelanggaran HAM dan Perbuatan hukum lainnya yang merugikan kehidupan pendidikan bagi siswa-siswi di civitas pendidikan," terang Teguh.

Dikatakan, LBH GP Ansor Kabupaten Boyolali hadir sebagai Pioner Kegiatan CLE di lingkungan sekolah dalam rangka melaksanakan tugas supremasi hukum organisasi ke-NU-an yang membantu pemerintah dalam melaksanakan tugas perlindungan hukum bagi civitas pendidikan di sekolah-sekolah dengan tujuan terciptanya generasi muda yang sadar hukum

“Penyuluhan hukum ini, sebelumnya sudah dilaksanakan secara bertahap di beberapa lembaga lainnya seperti Balai Pemasyarakatan (Bapas) Boyolali dan di lingkup internal Ansor,” ujarnya.​

Dikatakan, alasan mengapa pelajar yang dipilih sebagai target penyuluhan adalah karena kehidupan dan lingkungan anak sekolah sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari permasalahan hukum.


“Mereka adalah kelompok masyarakat yang seringkali terlupakan dan dianggap sebagai anak-anak. Padahal dalam kenyataannya banyak sekali anak-anak sekolah yang menjadi korban atau pelaku tindak pidana sehingga harus diberikan penyuluhan hukum yang relevan agar mereka tercerahkan,” ucapnya. 


Oleh sebab itu lanjutnya, LBH Ansor Kabupaten Boyolali merasa terpanggil untuk memberikan penyuluhan hukum terhadap generasi muda terkait kasus-kasus yang marak terjadi di kalangan pelajar seperti cyber bullying, kekerasan, hingga pelecehan seksual.

Kepala MTsS Sunan Kalijaga, Winarni menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan penyuluhan hukum ini.

"Terimakasih atas kehadiran LBH GP Ansor Kabupaten Boyolali ke MTs Sunan Kalijaga untuk memberikan penyuluhan hukum kepada siswa kami. Semoga dengan penyuluhan hukum tersebut berdampak baik terhadap peningkatan kesadaran siswa dalam mematuhi tata tertib di madrasah, menjaga akhlakul karimah dimanapun mereka berada sehingga akan tercipta generasi muda yang sadar hukum​," ujarnya.​​​​​​

Pengirim: Aditya Pratama


Regional Terbaru