• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Regional

IPNU-IPPNU Pegaden Tengah Pekalongan Gelar Festival Al-Banjari Tingkat Jateng-DIY

IPNU-IPPNU Pegaden Tengah Pekalongan Gelar Festival Al-Banjari Tingkat Jateng-DIY
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Pekalongan, NU Online Jateng
Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Pegaden Tengah, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan bakal menggelar event tingkat Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat-Sabtu (29-30/7/2022).


Kegiatan akan dilangsungkan di halaman Mushala Al-Adnan Pegaden Tengah diikuti 19 peserta dari berbagai daerah. Untuk peserta dari Jateng terjauh delegasi dari Salatiga, sedangkan dari DIY berasal dari Kota Yogyakarta.


Ketua PR IPNU Pegaden Tengah Muhammad Ilman Arifin mengatakan, festival Al-Banjari memiliki keunikan tersendiri dan hampir merata di seluruh wilayah Jateng dan DIY sudah ada grup Al-Banjari


"Selain untuk mencari kader-kader terbaik dalam seni Hadrah Al-Banjari, juga untuk melestarikan seni Al-Banjari warisan dari Sunan Kalijaga," ujarnya.


Dikatakan, Hadrah Al-Banjari masih merupakan jenis musik rebana yang mempunyai keterkaitan sejarah pada masa penyebaran agama Islam oleh Sunan Kalijaga di Jawa. Karena perkembangannya yang menarik, kesenian ini seringkali digelar dalam acara-acara seperti maulid nabi, isra' mi'raj atau hajatan semacam sunatan dan pernikahan. 


"Oleh karena itu, kami IPNU-IPPNU Pegaden Tengah ingin menampilkan dalam format festival sekaligus memperkenalkan dan sebagai upaya pelestarian seni hadrah ini kepada generasi milenial," terangnya.


Ketua panitia festival M Khoirul Umam kepada NU Online Jateng, Rabu (27/7/2022) menjelaskan, kegiatan lomba yang diikuti oleh 19 grup dari Jateng dan DIY akan berlangsung selama sehari penuh yakni pada Sabtu (30/7/2022) dari pagi hingga malam.


"Saya berharap acara ini diminati oleh generasi muda NU khususnya di wilayah Pekalongan dan sekitarnya. Semoga dengan festival ini bermunculan grup-grup baru di Pekalongan sebagai sarana dakwah yang efektif terutama di lingkungan sekolah dan pesantren," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru