• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Gelar PKD, Ketua Ansor Brebes Tekankan Satu Komando

Gelar PKD, Ketua Ansor Brebes Tekankan Satu Komando
kegiatan PKD yang dihelat PAC GP Ansor jatibarang, Brebes (Foto: NU Online Jateng/Naufal Husni)
kegiatan PKD yang dihelat PAC GP Ansor jatibarang, Brebes (Foto: NU Online Jateng/Naufal Husni)

Brebes, NU Online Jateng
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Brebes Ahmad Munsip mengatakan, kader Ansor harus satu komando. Maksudnya adalah melalui Pendidikan Kader Dasar (PKD) diharapkan semua anggota Ansor ketika sudah dibaiat harus satu tujuan yaitu mengawal kiai, ulama, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Ketika kalian sudah dinyatakan sah menjadi anggota Ansor, maka semua harus tunduk dan taat kepada pimpinan organisasi. Jadi tidak boleh jalan sendiri-sendiri sesuai keinginan masing-masing, harus 1 komando," tegasnya.


Pernyataan itu disampaikan Ahmad munsip pada pembukaan PKD Ansor yang dihelat Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Jatibarang pada Sabtu (26/11/2022) lalu.


Disampaikan, menjadi kader Ansor harus diniatkan khidmah kepada ulama, kiai, dan NKRI. Menurutnya, PKD adalah pintu awal untuk menata niat memasuki gerbang baru khidmah di NU.


"Harus ditata niatnya dengan baik, tulus, dan ikhlas. Karena dengan aktif di Ansor akan banyak pengorbanan waktu, terutama waktu untuk keluarga menjadi berkurang karena berkegiatan di Ansor," terangnya.


Ketua PAC Ansor Jatibarang Mohamad Syefudin kepada NU Online Jateng, Kamis (1/12/2022) menjelaskan, PKD adalah gerbang awal untuk aktif dan ikut bersama terlibat di dalam kegiatan-kegiatan sosial keagamaan yang ada di wilayah Ansor seperti majelis dzikir dan sholawat rijalul ansor. 


"Sangat diharapkan semua kader yang sudah lulus PKD ini akan bisa memanfaatkan waktu dan ilmunya untuk bersama-sama mengawal kegiatan ahlussunnah waljamaah dan amaliyah-amaliyah NU," ucapnya.


Dijelaskan, kegiatan PKD Ansor Jatibarang diikuti oleh 50 peserta utusan ranting diharapkan dapat menerima bekal pengetahuan yang cukup agar mampu memahami Ansor dan NU. "Semoga kegiatan pelatihan di tubuh Ansor terus berlanjut pada masa-masa mendatang," ungkapnya.


Pada sesi pembukaan didahului oleh pemaparan materi tentang lembaga bantuan hukum yang disi oleh ketua LBH Ansor Brebes Taufiq Hidayatullah yang mengatakan bahwa kader Ansor harus dibekali dengan pemahaman hukum dan di dalam GP Ansor LBH sudah tersebar se-Indonesia.


"Alhamdulillah, LBH Ansor kehadirannya di Kabupaten Brebes sangat dirakan oleh masyarakat. Selain memberikan penyuluhan seputar masalah hukum, juga memberika advokasi (pendampingan) yang membutuhkan," jelasnya.


Pengirim: Handika Naufal Husni


Regional Terbaru