• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Duet KH Zainal Arifin-KH Aminuddin Kembali Pimpin PCNU Demak

Duet KH Zainal Arifin-KH Aminuddin Kembali Pimpin PCNU Demak
Kegiatan Konfercab NU Demak (Foto: NU Online Jateng/Samsul)
Kegiatan Konfercab NU Demak (Foto: NU Online Jateng/Samsul)

Demak, NU Online Jateng
Duet KH Zainal Arifin Makshum dan KH Aminuddin Mas'udi terpilih kembali untuk memimpin Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Demak masa khidmah 2022-2027 pada Konferensi Cabang (Konfercab) NU Demak yang digelar Ahad (4/12/22022).


Kiai Zainal Pengasuh Pesantren Fathul Huda Sidorejo Sayung Demak dipilih sebagai rais oleh ahlul halli wal aqdi (ahwa) pada konfercab yang berlangsung di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Demak. Dalam pemilihan Ahwa yang dilakukan para rais ranting dan MWCNU sebelum konfercab itu memunculkan 42 nama kiai, dan setelah dilakukan penghitungan suara terpilih lima kiai yang mendapat suara tertinggi.


"Mereka itu adalah KH Zainal Arifin Ma'shum (211), KH Abdul Azis Musyafak al-hafidl (164), KH Baidlowi  Misbah (188), KH Abdurrahim (152) dan KH  Noor Khalim Masykuri (127)," kata Wakil Ketua PWNU Jateng KH Mahsun Mahfud yang memimpin sidang pleno pemilihan pengurus.


Dalam sidang ahwa yang berlangsung di aula Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak itu,  KH Zainal Arifin ditetapkan sebagai rais terpilih.


Disampaikan, agenda pemilihan ketua diawali dengan tahap pencalonan yang memunculkan delapan nama bakal calon ketua. Perolehan suaranya masing-masing KH Aminuddin Mas'udi meraih 189 suara, KH Abdullah Mahalli (81), KH Zainal Arifin, KH Abdullah , KH Nur Halim, KH Alawi, KH Muhammad Muhaimin, dan Pak Din masing-masing meraih satu suara.


"Tata tertib konfercab menghendaki calon ketua sekurang-kurangnya didukung 99 suara, dari delapan nama bakal calon hanya kiai Aminudin yang memenuhi syarat sebagai calon ketua, maka Kiai Aminudin ditetapkan sebagai satu-satunya calon ketua," kata Kiai Mahsun.





Disampaikan, mengacu tata tertib konfercab jika dalam tahap pencalonan hanya memunculkan nama satu calon atau jumlah suaranya melebihi 50 persen plus satu dari seluruh suara peserta konfercab langsung ditetapkan sebagai ketua terpilih dengan persetujuan rais terpilih.


Dengan demikian ujarnya, prosesi pemilihan pengurus telah berakhir, KH Zainal Arifin Ma'shum ditetapkan sebagai rais terpilih dan KH Aminuddin Mas'udi sebagai Ketua PCNU Kabupaten Demak terpilih masa khidmah 2022-2027.


Duet kiai Zainal-kiai Aminudin akan dibantu lima perwakilan MWCNU sebagai anggota formatur, yakni MWCNU Mranggen, Karangtengah, Dempet, Bonan,g dan Gajah untuk menyusun pengurus harian syuriyah dan tanfidziyah.


Kiai Aminudin usai terpilih menjadi ketua memohon kepada seluruh pengurus NU di berbagai tingkatan di Kabupaten Demak untuk bergerak bersama meningkatkan kualitas khidmah kepada masyarakat.


"Bersama Kiai Zainal kami mengucapkan terima kasih kepada nahdliyyin di Demak yang telah membantu kami selama lima tahun lalu, kami juga mohon dibantu untuk masa lima tahun ke depan dalam berkhidmah di NU ini," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda
 


Regional Terbaru