• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Regional

Bersama Perbankan Syariah, HPN Jepara Gelar Pelatihan Wirausaha Santri 

Bersama Perbankan Syariah, HPN Jepara Gelar Pelatihan Wirausaha Santri 
Pelatihan wirausaha santri oleh HPN Jepara (Foto: Dok)
Pelatihan wirausaha santri oleh HPN Jepara (Foto: Dok)

Jepara, NU Online Jateng
Pimpinan Cabang (PC) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kabupaten Jepara menggelar pelatihan kewirausahaan untuk kalangan santri gelombang dua yang diikuti 90 orang peserta.


Ketua PC HPN Jepara KH Ma'shum Abdul Hamid mengatakan, kegiatan pelatihan wirausaha santri merupakan penyelenggaraan kedua dengan peserta 90 orang. Mereka utusan dari 43 pesantren yang tersebar di enam kecamatan meliputi Donorojo, Keling, Kembang, Bangsri, Mlonggo, dan Pakisaji.


"Kami tebarkan virus-virus kewirausahaan di kalangan santri agar ke depan muncul atau lahir enterpreneur-enterpreneur santri yang tangguh dan kuat," kata kiai Ma'shum di Jepara, Selasa (28/6).


Melalui siaran pers PC HPN Jepara, Kiai Ma'shum mantan Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jepara mengatakan hal itu saat membuka pelatihan wirausaha santri gelombang dua yang berlangsung di Pesantren Hasyim Asy'ari Bangsri.


Disampaikan, dalam menyelenggarakan kegiatan ini HPN Jepara menjalin kemitraan dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Jepara yang memiliki komitmen untuk mendukung program HPN dalam upaya melahirkan wirausahawan-wirausahawan dari kalangan pesantren. 


"Selain membekali santri Jepara, pelatihan yang dijadwalkan akan berlangsung dalam beberapa kali penyelenggaraan ini juga untuk menyongsong realisasi dua program kemitraan antata BSI dan HPN," terangnya.


Dia menambahkan, dua program kemitraan meliputi operasionalisasi BSI Smart atau mini ATM BSI dan pengucuran dana penyertaan untuk mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) di lingkungan pesantren.  


Branch Manajer BSI Jepara Adipta Nur Pratama menjelaskan, kegiatan dengan pesantren merupakan kegiatan yang baru ada sejak berdirinya BSI di Jepara. BSI berterima kasih banyak kepada HPN Jepara yang telah menjembatani BSI dengan masyarakat santri di Jepara.


"Paska realisasi program pelatihan wirausaha santri tuntas, dua program itu akan segera direalisasikan seraya menyiapkan program kemitraan berikutnya," ucapnya. 


Pengasuh Pesantren Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara KH Nurudin Amin mengatakan, kemitraan para pengusaha dengan perbankan syariah melalui program penguatan wirausaha santri merupakan pilihan program yang tepat.


"Santri memiliki berbagai keunggulan, satu di antaranya sejak awal sudah diajari untuk hidup mandiri. Kalau potensi ini dipadukan dengan kewirausahaan, maka potensi santri akan semakin hebat," pungkasnya.
 


Regional Terbaru