• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Nasional

PWNU Jateng: Guru Punya Jasa yang Luar Biasa

PWNU Jateng: Guru Punya Jasa yang Luar Biasa
Kegiatan Konferwil Pergunu Jateng di Hotel Candi Kota Semarang (Foto: NU Online Jateng/Insan al-Huda)
Kegiatan Konferwil Pergunu Jateng di Hotel Candi Kota Semarang (Foto: NU Online Jateng/Insan al-Huda)

Semarang, NU Online Jateng
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng HM Muzamil menyampaikan apresiasi kepada Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Wilayah Jateng yang telah menggelar berbagai kegiatan guna meningkatkan mutu layanan dalam pendidikan. 


"Guru memiliki jasa yang signifikan dalam pengembangan karakter dan kompetensi para peserta didik. Bahkan juga muncul ungkapan, jika tanpa guru tentu kita tidak akan dapat mengenal Tuhan kita, Allah Taala," tegasnya dalam acara Seminar Guru Mulia membangun peradaban bangsa dan Konferensi Pergunu Jateng di Semarang, Sabtu (2/7).


Menurutnya, di dalam Jamiyah NU, guru menempati posisi yang sangat penting. Karena itu pihaknya mengharapkan agar para guru ikut mengenalkan konsep muqadimah qanun asasi, mabadi khairu ummah, dan khitah nahdliyah, di samping memberikan penguatan karakter, kompetensi dan literasi kepada para peserta didik.


"Pergunu sebagai badan otonom NU juga berkewajiban menjalankan keputusan NU khususnya dari syuriyah sebagai pemimpin, pengendali dan pengarah kebijakan NU. Pemimpin NU adalah para ulama, sehingga pengurus NU, lembaga dan badan otonom yang ada sebagai full timer yang menyediakan waktu guna menjalankan kebijakan para ulama," terangnya.


Pimpinan Pusat Pergunu yang diwakili H Ruswan menyampaikan perlunya Pergunu menjalankan program pokok. Yakni, peningkatan kesejahteraan guru dan penguatan spiritual. "Kedua hal tersebut sangat urgen untuk diperhatikan agar kualitas layanan kependidikan Pergunu dapat lebih baik," ucapnya.


Dalam laporannya Ketua PW Pergunu Jateng Mohamad Fauzin menyampaikan, karena kerja sama yang baik, maka kinerja Pergunu dapat meningkat. "Sebagaimana kebijakan Pimpinan Pusat Pergunu, Pergunu diminta untuk bersikap mandiri dalam menjalankan program-programnya," pungkasnya.


Kegiatan konferensi yang dihelat di Hotel Candi Kota Semarang tersebut diikuti jajaran Pimpinan Wilayah Pergunu Jateng dan utusan pimpinan Cabang Pergunu se-Jateng. Acara berlangsung selama hari.


Pengirim: Insan Al-Huda


Nasional Terbaru