Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra

Regional

Bantu Korban Banjir, NU Nalumsari Jepara Dirikan Dapur Umum dan Salurkan Bantuan

Dapur umum MWCNU Nalumsari, Jepara (Foto: NU Online Jateng/Yusrul)

Jepara, NU Online Jateng
Banjir yang menggenang di sejumlah daerah di Jawa Tengah, Khususnya Kabupaten Jepara mengakibatkan banyak rumah warga terendam banjir. Tak terkecuali di Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara.


Atas bencana tersebut, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Nalumsari mendirikan dapur umum dan distribusi bantuan logistik untuk warga terdampak banjir.


Wakil Sekretaris MWCNU Nalumsari Zaenal Anwari mengatakan, pendirian Posko merupakan bentuk tanggung jawab NU untuk membantu meringankan beban masyarakat. "NU sejak berdiri sampai seterusnya akan terus membantu masyarakat yang sedang mengalami musibah bencana," ujarnya.


Baca Juga:
Kawasan Mranggen Diterjang Banjir Besar, NU Demak Peduli Sigap Terjunkan Tim


Lebih lanjut mantan Satkoryon Banser Nalumsari ini menjelaskan, NU dan Banomnya selama ini terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk ikut bersama-sama membantu korban banjir di Dorang.


"Kami bersama-sama Banom NU, Banser, BPBD, Dinsos, PMI, dan sebagainya ikut membantu menyiapkan kebutuhan masyarakat dengan mendirikan dapur umum," terangnya.


Kepada NU Online Jateng, Sabtu (7/1/2023) disampaikan, sejak Kamis dapur umum yang didirikan oleh Dinas Sosial Jepara dengan dibantu NU dan banomnya telah mendistribusikan ribuan nasi bungkus.


"Ada sekitar 2.600 nasi bungkus yang dibagikan untuk masyarakat yang terdampak banjir," terangnya.





Sementara untuk posko NU Peduli telah menerima bantuan dari beberapa masyarakat. 
"Alhamdulillah masyarakat ikut bergotong royong peduli korban banjir dengan cara menyalurkan bantuannya lewat Posko NU Nalumsari," tambahnya.


Bantuan tersebut lanjutnya, berupa kebutuhan masyarakat seperti beras, telur, mie instan, air mineral, sabun, dan lain-lain. "Bantuan ini akan kami salurkan kepada seluruh masyarakat yang terdampak banjir di Dorang, Nalumsari," ucapnya.


Pihaknya berharap, bantuan tersebut bisa meringankan beban korban banjir. "Dengan bantuan ini, semoga masyarakat bisa sedikit terbantu dan tabah menghadapi musibah banjir ini," ungkapnya.


Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah H Mohammad Muzamil meminta PCNU yang wilayahnya terdampak banjir agar mengkondisikan relawan NU Peduli terus membantu warga yang terdampak dengan melibatkan para pihak, khususnya suplai logistik dapur umum.


"Melihat cuaca yang masih terus hujan beberapa hari terakhir ini, saya meminta warga NU untuk melakukan upaya lahir maupun batin. Upaya lahirnya memberikan pendampingan kepada warga di pengungsian dan upaya batin dengan memohon doa kepada Allah," ajaknya.


Kontributor: Yusrul Wafa

Yusrul Wafa
Editor: M Ngisom Al-Barony

Artikel Terkait