• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Ketua PC GP Ansor Purworejo Larang Kader Terima Imbalan dari Sesama

Ketua PC GP Ansor Purworejo Larang Kader Terima Imbalan dari Sesama
Pelantikan serentak 15 PRNU se-Kecamatan Pituruh, Purworejo (Foto: NU Online Kateng/Luthfi)
Pelantikan serentak 15 PRNU se-Kecamatan Pituruh, Purworejo (Foto: NU Online Kateng/Luthfi)

Purworejo, NU Online Jateng
Membentuk dan mengembangkan generasi muda Indonesia sebagai kader bangsa yang cerdas dan tangguh, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. berkepribadian luhur, berakhlak mulia, sehat, terampil, patriotik, ikhlas dan beramal shalih di Gerakan Pemuda Ansor khususnya di wilayah Kecamatan Pituruh. 


Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Pituruh menggelar pelantikan Pimpinan Ranting (PR) Ansor se-Kecamatan Pituruh dan seminar bertemakan 'Penguatan organisasi yang solid dan berdaya' di Gedung MWCNU Kecamatan Pituruh, Jumat (02/12/2022) malam.


Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Purworejo Khabib Anwar mengucapkan selamat kepada 15 ranting Ansor yang baru saja dilantik. Dirinya berharap, semoga bisa mengemban amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai pengurus di desa masing-masing.


"Melalui pelantikan ini, saya meminta kepada pengurus untuk berpegang pada 4 karakter yaitu kepemudaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan keislaman," ucapnya usai melantik.


Disampaikan, dari empat karakter ini, pengurus juga mempunyai dua harus kita pegang teguh, yaitu prinsip di dalam mengemban organisasi, Ansor punya prinsip yaitu jangan mengharapkan imbalan dari sesama.


"Kita tahu organisasi ini adalah organisasi kepemudaan kemasyarakatan, kita yakin pergerakan kita, perjuangan kita hanya untuk agama dan negara kita. Tidak mengharap apapun kecuali ridha dari Allah SWT," tegasnya. 


Ditambahkan, untuk prinsip yang kedua yaitu menjalankan karakter-karakter yang sudah tertanam pada diri kader, jangan pernah mengeluh sesulit apapun kader sudah baiat sumpah pada organisasi GP Ansor, jangan pernah mengeluh.


"Dengan mengamalkan empat karakter yang didukung dua prinsip ini, Insyallah pengurus Ansor yang dilantik menjadikan organisasi yang semakin jaya dan maju, serta benar-benar akan dapat mewujudkan organisasi yang membawa rahmatnya Allah SWT," urainya.


Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Pituruh Malik Khairul Anam kepada NU Online Jateng, Ahad (4/12/2022) berharap kepada jajaran PR Ansor yang sudah dilantik dapat menjalankah amanah dengan baik. 
 

"Semoga bisa mengemban amanah apa yang diucapkan oleh ketum PAC GP Ansor Purworejo dalam sumpah di dalam surat keputusan (SK), dan ranting kedapan bisa memberikan amanahnya dalam mewujudkan visi dan misi gerakan pemuda ansor yaitu dalam revitalisasi nilai dan tradisi, penguatan sistem kaderisasi, pemberdayaan potensi kader, dan kemandirian organisasi," ungkapnya. 


Anam menambahkan, dalam pelantikan serentak ada 15 ranting Ansor yang mengikutinya sesuai SK. Namun ada satu ranting yang tidak hadir, semoga yang berhalangan hadir ini juga bisa menjalankan amanah dalam berorganisasi Ansor


"Tidak hanya pelantikan saja, namun acara ini juga ditambah dengan seminar berorganisasi oleh Gus Yusuf Efendi," tutupnya.


Pengirim: A Luthfi Khakim, Achmad Rohadi
 


Regional Terbaru