Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra

Taushiyah

Dikira Kelak Bisa Warisi Hartanya

KH Ahmad Niam Syukri Masruri

Hidup bertetangga tentu ada suka dukanya. Ada tetangga sebelah yang ramah dan baik hati, tapi ada pula tetangga sebelah yang egois dan maunya menang sendiri tanpa peduli terhadap sesama. Bahkan terkadang ada tetangga sebelah yang setiap hari uring-uringan sehingga mengganggu penghuni yang lainnya.

 

Sebagai orang yang beriman harus menjadi contoh yang terbaik di lingkungannya dalam bersikap dan bergaul. Malaikat Jibril senantiasa berwasiat kepada Rasulullah SAW agar berbuat baik kepada tetangga kanan kiri, depan belakang. 

 

Begitu pentingnya wasiat tersebut, sehingga dikiranya tetangga kelak bisa mewarisi hartanya. Hadits nabi:

 

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا زَالَ يُوصِينِي جِبْرِيلُ بِالْجَارِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ سَيُوَرِّثُهُ 


 

Artinya:
Dari Aisyah radliallahu anha dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Jibril senantiasa mewasiatkan kepadaku untuk selalu berbuat baik terhadap tetangga, sampai-sampai aku mengira bahwa tetangga juga akan mendapatkan harta waris." (HR Bukhari)

 

 

KH Ahmad Niam Syukri Masruri, Ketua Lembaga Kajian Informasi dan Dakwah (Elkid), Ketua PW GP Ansor Jateng tahun 1995, dan Sekretaris RMINU Jateng

Ahmad Niam Syukri
Editor: M Ngisom Al-Barony

Artikel Terkait