Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra

Dinamika

Ansor Pekalongan: Diklat Instruktur dan Pelatih untuk Sertifikasi

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas yang dihelat PW GP Ansor Jateng di Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Umam)

Pekalongan, NU Online Jateng
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pekalongan H Muhammad Sholahudin menegaskan, kegiatan Latihan Instruktur (LI) I GP Ansor dan Kursus Pelatih (Suspelat) Banser Pekalongan Raya untuk tingkatkan kapasitas dan sertifikasi.

 

"LI dan Suspelat merupakan pelatihan untuk mencetak instruktur bersertifikasi yang bertugas mengorganisasi dan memfasilitasi Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) GP Ansor dan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser," ucapnya. 

 

Hal itu disampaikan saat pembukaan latihan instruktur yang dihelat Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Tengah di Gedung UMKM Centre Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Jumat-Ahad (12-14/11).

 

Dirinya berpesan agar para peserta serius dan fokus mengikuti setiap materi yang disampaikan dalam pelatihan. "Saya berharap sahabat bisa fokus dan maksimal mengikuti pelatihan ini sehingga setelah kegiatan dapat mengamalkan ilmunya dengan baik dan sesuai aturan," ucapnya.

 

Menurutnya, peserta pelatihan punya tugas penting terkait kesuksesan kaderisasi di wilayah masing-masing. "Harapan kami, setelah pelatihan ini sahabat-sahabat bisa menjadi instruktur dan pelatih yang baik, aktif dan sesuai aturan organisasi," ungkapnya. 

 

Disampaikan, sukses atau tidaknya PKD Ansor dan Diklatsar Banser di wilayah masing-masing bergantung pada keterampilan, keaktifan, dan ketaatan sahabat sekalian," tegasnya.

 

Kepada NU Online Jateng, Kamis (18/11) Wakil Ketua Bidang Kaderisasi PC GP Ansor Kabupaten Pekalongan Hadi Shofwan mengatakan, kegiatan LI dan Suspelat merupakan amanat dari Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Tengah. 

 

"LI dan Suspelat yang kami selenggarakan diikuti oleh 68 peserta dari beberapa PC di Pekalonganraya ini atau eks Karesidenan Pekalongan meliputi Kota dan Kabupaten Pekalongan, Batang, Pemalang, Brebes, serta Kota dan Kabupaten Tegal," ujarnya.

 

Selain itu, para peserta yang mengikuti pelatihan ini semuanya merupakan lulusan S1 atau pondok pesantren yang setara S1. Dijelaskan, pelatihan yang berlangsung selama tiga hari diisi instruktur dari Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jateng.

 

"Harapan kami semoga para peserta pelatihan dapat menjadi instruktur dan pelatih yang baik dan kompeten serta membantu mensukseskan jalannya kaderisasi tingkat dasar di cabang masing-masing," pungkasnya.

 

Kontributor: Muhammad Khoirul Umam
Editor: M Ngisom Al-Barony

Muhammad Khoirul Umam
Editor: M Ngisom Al-Barony

Artikel Terkait