• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Fatayat NU Tegal Diminta Jalankan Program Prioritas

Fatayat NU Tegal Diminta Jalankan Program Prioritas
Prosesi pelantikan PC Fatayat NU Kabupaten Tegal periode 2022-2027 (Foto: NU Online Jateng/Nurkhasan)
Prosesi pelantikan PC Fatayat NU Kabupaten Tegal periode 2022-2027 (Foto: NU Online Jateng/Nurkhasan)

Tegal, NU Online Jateng
Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tegal periode 2022-2027 resmi dilantik oleh Pimpinan Pusat Fatayat NU di Gedung Indoor GOR Tri Sanja Slawi, Ahad (27/11/2022). Prosesi Baiat dan Pelantikan dipimpin Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jateng Hj Tazkiyatul Muthmainah.


Ketua PW Fatayat NU Jateng Hj Tazkiyatul Mutmainah dalam arahannya menekankan agar pengurus Fatayat NU Kabupaten Tegal yang baru perlu membuat dan merealisasikan skala prioritas program dengan melihat persoalan yang di hadapi masyarakat, utamanya perempuan. 


Melihat angka kekerasan perempuan dan anak yang tinggi, Hj Tazkiyatul yang juga Anggota DPRD Jawa Tengah itu berharap dengan adanya lembaga Konsultasi Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (LKP3A) Fatayat NU dapat melakukan pendampingan kasus kekerasan perempuan dan anak.


“Tidak kalah pentingnya lagi soal perkawinan anak yang masih tinggi. Saya minta 328 pimpinan ranting bisa mengedukasi tentang ini dan melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.


Bupati Tegal Hj Umi Azizah dalam kesempatan itu mengajak organisasi Fatayat NU Kabupaten Tegal bersinergi mengawal program pemberdayaan perempuan. 


Umi Azizah yang juga Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Tegal itu juga mendorong Fatayat NU bisa turut ambil bagian dalam menyukseskan agenda pembangunan dengan memanfaatkan segala potensi, peluang, dan kesempatan yang ada sekaligus ini untuk meningkatkan kemampuan organisasi.


"Saya minta program kerja yang akan disusun nanti dapat memperkuat kemandirian organisasi Fatayat NU Kabupaten Tegal, menumbuhkan kader-kader perempuan muda bertalenta untuk mengawal program pemberdayaan perempuan di berbagai bidang, perlindungan anak, memajukan pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat yang selaras dengan agenda program pembangunan di Kabupaten Tegal," harapnya.


Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Tegal Aminatul Islamiyah kepada NU Online Jateng, Selasa (29/11/2022) menjelaskan bahwa peran Fatayat NU sudah berkembang cukup pesat. Tidak hanya fokus di bidang keagamaan saja, tapi juga kemasyarakatan, dan pendampingan kesehatan.


“Tema pelantikan kali ini yaitu sinergitas gerakan menuju kemandirian organisasi, diharapkan Fatayat NU bisa mengelola organisasinya lebih inklusif dan bersinergi di tengah masyarakat,” pungkasnya.


Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Fatayat NU Hj Margaret Aliyatul Maemunah, PW Fatayat NU Jawa Tengah, Anggota DPR RI, Rais PCNU Kabupaten Tegal KH Nawawi Ashari, Ketua PCNU Kabupaten Tegal H Muh Muntoyo, Bupati Tegal, Anggota DPRD Kabupaten Tegal, Pimpinan Badan Otonom NU tingkat Cabang dan ribuan kader Fatayat NU se-Kabupaten Tegal. 


Kontributor: Nurkhasan
 


Regional Terbaru