Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Legislator DPR RI Ini Kenang kebersamaannya dengan Almarhum Gus Chakim

Legislator DPR RI Ini Kenang kebersamaannya dengan Almarhum Gus Chakim
Legislator DPR RI dari Fraksi PKB H Abdul Kadir Karding (Foto: Istimewa)
Legislator DPR RI dari Fraksi PKB H Abdul Kadir Karding (Foto: Istimewa)

Purworejo, NU Online Jateng
Wafatnya Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Purworejo yang juga Pengasuh Pesantren Nuril Anwar KHR Abdul Chakim Chamid di usia yang relatif muda meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, sanak saudara, para santri tak terkecuali para sahabatnya. 

 

Salah satu sahabat karib almarhum, anggota DPR RI H Abdul Kadir Karding  mengakui kepergian Gus Hakim meninggalkan banyak pesan teladan bagi yang ditinggalkan. 

 

"Gus Hakim, bagi saya pribadi merupakan sosok sahabat, teman, dan guru saya dalam berbagai hal. Saya mengenal beliau sejak tahun 1999 sampai saat ini. Hubungan kami sangat baik dan tidak pernah bermasalah. Itulah, dalam menjaga hal persahabatan dan persaudaraan, beliau termasuk orang yang memiliki komitmen yang baik dalam hal bersaudara, bersahabat, dan berkawan," katanya. 

 

Hal itu, disampaikan saat mengisi sambutan dalam virtual tahlil dan doa peringatan 7 hari wafatnya KHR Abdul Chakim Chamid, Rabu (21/07) malam. 

 

Baca juga:

 

 

Dijelaskan, sepanjang 22 tahun dirinya banyak belajar dari sosok Gus Chakim, baik dari ilmu agama maupun ilmu sosial berpolitik. Beliau, selain alim juga gigihnya menjaga adab dan terpenting beliaulah banyak menginspirasi dan memotivasi dalam kemasyarakatan dan sosial berpolitik.

 

"Gus Chakim wafat merupakan kehilangan yang sangat besar bagi saya pribadi. Terakhir saya komunikasi sekitar 1 bulan yang lalu. Beliau masih sering memberikan saya arahan-arahan dan ide-ide sebagaimana yang harus saya lakukan sebagai anggota DPR, sebagai politisi, dan kader Nahdlatul Ulama," jelasnya. 

 

Dikatakan, sepanjang hidupnya Gus Chakimlah orang yang sangat-sangat peduli dengan pendidikan pesantren. Perhatiannya terhadap pesantren sangat luar biasa. 

 

"Untuk itu, tentunya saya sangat berharap hubungan baik ini terus terjalin, di mana pesantren Maron yang terus berkembang, di bawah nantinya Gus Rofiq dan Gus Mahfud. Dalam hal ini, Kami Insyaallah turut berupaya semaksimal mungkin bagaimana amanah dalam pesantren terus berkembang ilmu dan cita-cita beliau harus terus berkembang," tuturnya. 

 

Karding mendoakan, semoga Gus Chakim termasuk husnul khòtimah di sisi Allah SWT. Karena Gus Chakim merupakan orang yang baik yang jujur. "Beliaulah orang yang banyak memberikan manfaat dan berkah bagi agama dan pendidikan," pungkasnya.

 

Kontributor: Achmad Rohadi
Editor: M Ngisom Al-Barony