Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Tingkatkan Kapasitas Kader, IPNU-IPPNU IAINU Kebumen Gelar Pelatihan Fasilitator

Tingkatkan Kapasitas Kader, IPNU-IPPNU IAINU Kebumen Gelar Pelatihan Fasilitator
Pelatihan fasilitator PKPT IPNU-IPPNU IAINU Kebumen (Foto: NU Online Jateng/Eko Siam Muwardi)
Pelatihan fasilitator PKPT IPNU-IPPNU IAINU Kebumen (Foto: NU Online Jateng/Eko Siam Muwardi)

Kebumen, NU Online Jateng
Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) Kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen mengadakan pelatihan fasilitator (latfas) Kamis (12/08). 

 

Dalam sambutanya Pembina PKPT IPNU-IPPNU IAINU Kebumen Sulis Rahmanto menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya program ini. Disampaikan, program yang bagus, panitia dan peserta juga disiplin dalam prokes, semoga semua bisa berjalan dengan lancar. 

 

"Kiprah pelajar NU setiap zaman selalu menggoreskan tinta emas, semoga kali ini bisa mendidik para penerus NU agar bisa sesuai apa yang dicita-citakan para pendiri," ujarnya.

 

Ketua PKPT IPNU-IPPNU IAINU Kebumen Nurohman menjelaskan, tujuan adanya pelatihan fasilitator ini adalah untuk menempa kader agar bisa menjadi fasilitator-fasilitator pada program-program IPNU-IPPNU. 

 

"Materi yang kami sampaikan berkaitan dengan keterampilan-keterampilan praktis dalam pelaksanaan program kerja, seperti teknik kepanitiaan, prtokoler, dan juga bermain dan belajar," terangnya kepada NU Online Jateng Jumat (13/8). 

 

Diungkapkan, materi disampaikan oleh pemateri yang cakap pada bidangnya. Teknik kepanitiaan disampaikan oleh Sokhibun Ramly, materi bermain dan belajar disampaikan oleh Vredy Nur Rochmat. 

 

"Materi protokoler disampaikan oleh Restu Andi Saputro. Di mana dia yang baru saja mendapat juara dua Duta Genre Kabuphaten Kebumen. Materi disampaikan sangat menarik, peserta sangat antusias dengan penyampaian materi kendati memakan waktu yang lama," ucapnya. 

 

Afrida Zulfiyani selaku peserta mengaku senang atas program pelatihan fasilitator yang diikutinya. Acaranya keren dan menarik, apalagi materi tentang belajar dan bermain dari kak Vredy Nur Rochmat, itu menarik banget dan asyik.

 

"Begitu halnya apa yang dirasakan Fathul Mungin, materi yang disampaikan sangatlah bermanfaat dan menarik. Materi yang disampaikan Mas Restu sangatlah bermanfaat, bisa diaplikasikan di acara-acara," ujarnya.

 

Pelatihan yang berlangsung pukul 09.30-17.00 yang bertempat di Aula Pascasarjana IAINU Kebumen diikuti menghimpun 80 orang peserta. Turut hadir dalam acara itu Sulis Rahmanto, PC IPNU-IPPNU Kebumen, Pengurus PKPT IPNU-IPPNU IAINU Kebumen, dan para tamu undangan. 

 

Kontributor: Eko Siam Muwardi
Editor: M Ngisom Al-Barony