Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Wakil Ketua DPR RI Muhamimin Iskandar Kurban 5 Ekor Sapi di Demak

Wakil Ketua DPR RI Muhamimin Iskandar Kurban 5 Ekor Sapi di Demak
Wakil Ketua DPR RI HA Muhaimin Iskandar (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPR RI HA Muhaimin Iskandar (Foto: Istimewa)

Demak, NU Online Jateng
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI HA Muhaimin Iskandar menyiapkan lima ekor sapi untuk disembelih sebagai binatang kurban setelah pelaksanaan shalat Idul Adha tahun 1442 Hijriah di Kabupaten Demak.

 

Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Demak H Zayinul Fata mengatakan, lima ekor sapi itu penyembelihan dan pendistribusian dagingnya diserahkan kepada pesantren, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), dan NU Demak.

 

"Dari sejumlah itu dua di antaranya diserahkan ke Pesantren Girikusumo, Banyumeneng, Mranggen dan Pesantren Fathul Huda Sidorejo Sayung," kata Zayinul Fata yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Demak, Jumat (16/7).

 

Ketua PC LAZISNU Kabupaten Demak, H Zayinul Fata (Foto: Samsul Huda)

 

Disampaikan, sedang tiga ekor lainnya diserahkan kepada PC Muslimat NU, PC LAZISNU, dan FKDT Demak. Dijadwalkan agenda penyembelihan dan pendistribusian daging  akan berlangsung  hari selasa setelah shalat Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1442 atau 20 Juli 2021.

 

"Selaku shahibul kurban atau mudhohi, Muhaimin Iskandar yang juga Ketua Umum DPP PKB menyampaikan pesan dan harapan agar prosesi penyembelihan dan pendistribusian daging kurban memperhatikan dan mentaati protokol kesehatan (prokes)," ucapnya.

 

"Karena saat ini masih dalam suasana pandemi dan pemerintah sedang melaksanakan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran covid varian baru yang lebih membahayakan," sambungnya.

 

Dikatakan, harapan dan saran itu akan direalisasikan. LAZISNU Demak saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak-pihak yang menerima amanat dari Gus Ami (panggilan akrab Muhaimin, red) yang juga Wakil Ketua DPR RI itu agar pelaksanaan penyembelihan dan pendistribusian berjalan lancar tanpa menimbulkan ekses.

 

Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Pesantren Fathul Huda Sayung Demak Taslim Arif mengatakan, untuk menjalankan amanat penyembelihan dan pendistribusian daging kurban pihaknya sudah siap dengan segala prosedur prokes yang ditetapkan.

 

"Insyaallah aman, panitia atau tim penyembelihan dan pendistribusian daging siap memenuhi ketentuan prokes yang ada," pungkasnya.

 

Penulis: Samsul Huda
Editor: M Ngisom Al-Barony