Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Ketua ISNU Guntur Demak Zidan Muhyiddin Raih Penghargaan Pemuda Peduli Lingkungan 

Ketua ISNU Guntur Demak Zidan Muhyiddin Raih Penghargaan Pemuda Peduli Lingkungan 
Ketua Pimpinan Anak Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak Zidan Muhyidin (kiri) (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Ketua Pimpinan Anak Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak Zidan Muhyidin (kiri) (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Demak, NU Online Jateng
Ketua Pimpinan Anak Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak Zidan Muhyidin mendapat anugerah  penghargaan 'Role Model Pemuda Peduli Lingkungan' dari Bupati Demak.

 

"Penghargaan ini diberikan kepada para pemuda pegiat pelestarian dan pemanfaatan lingkungan yang gerakan kepeloporannya diikutsertakan dalam Lomba 'Kampung Juara' Tingkat Kabupaten Demak Tahun 2021, alhamdulillah kami dinyatakan sebagai pemenang pertama," kata Zidan di Demak.

 

Zidan mengatakan hal itu usai menerima piagam penghargaan dari Bupati Demak Eistianah bersama pemenang sejumlah lomba lainnya di Pendopo Kabupaten Demak, Kamis (26/8). 

 

Menurutnya, ini merupakan penghargaan kedua kategori kepeloporan pemuda dari Bupati Demak yang diperolehnya. Sebelum penghargaan ini dirinya meraih penghargaan dari bupati Demak HM Nasir pada tahun 2019 untuk kategori pemuda pelopor di bidang sumber daya alam (SDA) dan pariwisata.

 

"Aktivitas kepeloporan di desa menjadi opsi jalan hidup kami setelah aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) saat kuliah di Fakultas Dakwah (FD) IAIN Walisongo dan berhasil meraih gelar sajana," terangnya.

 

Ditambahkan, selesai kuliah dirinya memutuskan kembali ke kampung halaman dan memilih berkegiatan di desa, termasuk dalam berkegiatan di lingkungan NU, ISNU menjadi alternatif pilihannya.

 

"Kebetulan PC ISNU Demak baru saja menyelenggarakan konferensi dan pengurus cabang yang terbentuk salah satu programnya membentuk pengurus ISNU di tiap kecamatan (Pimpinan Anak Cabang)," ucapnya.

 

 

Dikatakan, saat dilakukan pertemuan para sarjana NU di Kecamatan Guntur untuk membentuk pengurus ISNU Ancab Guntur dirinya disepakati menjadi ketua, meski memimpin organisasi sarjana kegemarannya sebagai pegiat pemberdayaan masyarakat tidak kendor.

 

"Tetapi justru lebih giat. Gerakan kepeloporannya melalui wadah Karang Taruna terkonsentrasi pada tiga bidang, meliputi pemaksimalan sumberdaya alam dan  pariwisata, pelestarian lingkungan hidup, dan pemberdayaan ekonomi kreatif di wilayah Guntur dan Karangtengah.

 

Ketua PC ISNU Kabupaten Demak Muhammad Ali Maskun mengatakan, ketekunan Zidan dalam beraktualisasi diri di pedesaan layak dicontoh bahwa sarjana tidak perlu malu kembali ke desa untuk menginspirasi warga dalam membangun kepercayaan dirinya.

 

"ISNU Demak mendorong para sarjana untuk meningkatkan kualitas kiprahnya di desa yang menjadi basis Nahdliyin sekaligus juga membuktikan bahwa di desapun sarjana NU mampu berkiprah memberdayakan masyarakat," pungkasnya.

 

Penulis: Samsul Huda
Editor: M Ngisom Al-Barony