Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Tingkatkan Kapasitas Pengurus, IPNU-IPPNU Kebumen Gelar Upgrading 

Tingkatkan Kapasitas Pengurus, IPNU-IPPNU Kebumen Gelar Upgrading 
Kegiatan upgrading PC IPNU-IPPNU Kebumen (Foto: NU Online Jateng/Eko Siam Muwardi)
Kegiatan upgrading PC IPNU-IPPNU Kebumen (Foto: NU Online Jateng/Eko Siam Muwardi)

Kebumen, NU Online Jateng
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Kebumen menggelar upgrading (pembekalan) kepengurusan yang baru pada Sabtu-Ahad (14-15/8). 

 

Acara yang digelar di Pesantren Nurul Falah Jabres Sruweng Kebumen ini mengusung tema 'Upgrade ilmu, menuju kepengurusan yang lebih maju'. Banyak tokoh yang hadir pada acara yang digelar di pesantren asuhan KH Saeful Munir tersebut. Di antaranya Dewan Pengasuh Pesantren Nurul Falah Jabres Sruweng,   Fatachul Husen, segenap Pengurus PC IPNU-IPPNU, Pengurus PAC, Pengurus MWCNU Sruweng, PAC Ansor Sruweng, dan para alumni serta pemateri. 

 

Pengasuh Pesantren Nurul Falah Jabres Sruweng KH Saeful Munir berpesan pada pengurus peserta ugrading bahwa anak muda NU harus bangga menjadi warga NU. 

 

"Bukti bangga sebagai warga NU adalah dengan senantiasa mengupayakan yang terbaik untuk umat dan masyarakat. Jangan malu untuk memasang simbol-simbol NU karena NU didirikan oleh para ulama," ujarnya.

 

Dewan Pengasuh Pesantren Nurul Falah Jabres Sruweng Fatachul Husen menyampaikan, kader IPNU-IPNU  harus senantiasa mengupgrade ilmu dan mengembangkan potensi.  "Upgrade ilmu inilah sebagai bekal anda terjun dan bermanfaat bagi masyarakat," ujar Fatachul. 

 

Ketua PC IPNU Kebumen mengatakan upgrading adalah langkah dan ikhtiar untuk membekali pengurus. Hal ini sebagai pembekalan pengurus untuk melaksanakan tugas dan peran nya masing-masing.

 

"Kita berharap bimbingan dan ilmunya dari pada sesepuh agar kami melangkah sesuai cita-cita organisasi dan senantiasa mendapatkan barakahnya." terangnya. 

 

Dikatakan, sejumlah materi yang diperlukan untuk membekali para pengurus disampaikan secara padat oleh beberapa pemateri. Materi-materi tersebut di antaranya tentang leadership, job discription, manajemen konflik, teknik komunikasi, teknik pengambilan keputusan, dan manajemen lobiying serta manajemen organisasi. 

 

"Semua materi disampaikan dengan cara yang menarik dan banyak di antaranya menggunakan studi kasus," ujarnya. 

 

Salah satu pengurus PC IPNU Kebumen Ali Fajar mengaku senang dan bersyukur ikut agenda upgrading. "Alhamdulillah bisa ketemu para tokoh IPNU dan bisa menambah ilmu dan wawasan," ungkapnya. 

 

Kontributor: Eko Siam Muwardi 
Editor: M Ngisom Al-Barony