Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Legislator NU Fathan Subchi Bantu 500 Kasur untuk Isolasi Mandiri Warga  Demak

Legislator NU Fathan Subchi Bantu 500 Kasur untuk Isolasi Mandiri Warga  Demak
Ketua DPC PKB Demak H Zayinul Fata (tiga dari kiri) mewakili H Fathan Subchi serahkan 500 kasur kepada camat (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Ketua DPC PKB Demak H Zayinul Fata (tiga dari kiri) mewakili H Fathan Subchi serahkan 500 kasur kepada camat (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Demak, NU Online Jateng
Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI Fathan Subchi menyerahkan bantuan 500 unit kasur (tempat tidur) untuk dimafaatkan warga di lima wilayah kecamatan di Demak yang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri (isoman). 

 

Bantuan Fathan  Subchi, kader NU yang yang juga Wakil Ketua Komisi XI DPR RI itu diserahkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Demak H Zayinul Fata kepada Camat Demak, Wedung, Bonang, Karanganyar, dan Mranggen.

 

"Bantuan ini langsung kami salurkan kepada lima  camat kecamatan itu masing-masing mendapat 100 buah," kata Zayin yang juga Ketua PC Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Demak usai menyerahkan bantuan di Kantor Kecamatan Demak, Senin (12/7).

 

Disampaikan, bantuan itu diarahkan ke wilayah yang angka potensi kematian dan angka korban akibat terpapar penyebaran covid di Demak di tengah pandemi  sekarang ini masih tinggi.

 

"Dengan bantuan ini diharapkan para camat, kepala kelurahan, dan kepala desa dapat meningkatkan intensitas penyisiran warga untuk memastikan kondisi kesehatannya," terangnya.

 

Baca juga:

 

 

Dia menambahkan, kalau dalam penyisiran itu ditemukan warga terindikasi terpapar covid diharapkan segera diambil tindakan untuk diisolasi mandiri, ini dilakukan demi terwujudnya kebaikan dan keselamatan semuanya. 

 

"Karena itu, mulai sekarang camat supaya mendorong para kepala kelurahan dan kepala desa mulai menyiapkan tempat untuk digunakan isoman dengan mengalihfungsikan gedung balai desa / kelurahan atau gedung-gedung serba guna yang dimilikinya," pintanya.

 

Dikatakan, tentu selain menyiapkan fasilitas isoman diharapkan camat juga  memperketat pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) dengan lebih ketat.

 

Kepada Nahdliyin di Demak diharapkan berpartisipasi aktif membantu pemerintah dalam upaya memotong mata rantai penularan covid ini.

 

 

Camat  Demak, HM Syahri mengucapkan terima kasih atas bantuan kasur, begitu juga kepada warga NU di Demak yang telah aktif berpartisipasi melakukan sosialisasi prokes untuk memotong mata rantai covid.

 

Dikatakan, bersama Nahdliyin dan masyarakat akan dilakukan berbagai upaya untuk meyakinkan kepada publik bahwa menjalani proses isoman bagi mereka yang terpapar covid bukanlah aib. 

 

"Mengikuti program isoman merupakan bagian dari amaliyah yang mulia, tidak hanya upaya menyelamatkan diri saja, tetapi juga menyelamatkan  lingkungannya dari ancaman covid," pungkasnya. 

 

Penulis: Samsul Huda
Editor: M Ngisom Al-Barony