Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Ansor Tegal: Vaksinasi untuk Percepat Herd Imunity 

Ansor Tegal: Vaksinasi untuk Percepat Herd Imunity 
Kegiatan vaksinasi massal yang dihelat PC GP Ansor Kabupaten Tegal kerja sama dengan RS Harapan Sehat Slawi (Foto: NU Online Jateng/Nurkhasan)
Kegiatan vaksinasi massal yang dihelat PC GP Ansor Kabupaten Tegal kerja sama dengan RS Harapan Sehat Slawi (Foto: NU Online Jateng/Nurkhasan)

Tegal, NU Online Jateng
Upaya membantu pemerintah dalam rangka percepatan pencapaian herd immunity dan target vaksinasi bagi masyarakat umum, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten tegal menggelar kegiatan vaksinasi gratis bagi masyarakat umum. 

 

Kegiatan digelar selama 3 hari, sejak Rabu hingga Jumat (15-17/9) dengan menggandeng Rumah Sakit (RS) Harapan Sehat Slawi di enam zona wilayah se-Kabupaten Tegal. 

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Tegal Nurfanani kepada NU Online Jateng Sabtu (18/9) menuturkan, kegiatan vaksinasi massal menggandeng RS Harapan Sehat Slawi menyediakan 1.200 vaksin dosis 1 Sinovac yang disebar di enam titik vaksinasi. Yakni MWCNU Slawi, Talang, Kramat, Bumijawa, Pagerbarang, dan Pesantren Hasyim Asy'ari Tarub. 

 

"Dosis vaksin jenis sinovac ini menyasar masyarakat umum yang belum mendapatkan dosis vaksin karena keterbatasan kuota. Ini sebagai bentuk sinergitas kita membantu pencapaian target vaksinasi dan herd imunity masyarakat di Kabupaten Tegal yang masih relatif rendah," ujarnya.

 

 

Direktur RS Harapan Sehat Slawi dr M Dipa menjelaskan, kegiatan vaksinasi gratis ini merupakan upaya sosial yang dilakukan untuk membantu masyarakat kabupaten Tegal. 

 

Pihaknya merasa terbantu dengan menggandeng GP Ansor Kabupaten Tegal, karena GP Ansor memiliki jaringan yang luas dan akar rumput hingga pelosok desa. 

 

"GP Ansor punya jaringan yang memadai sehingga distribusi vaksin kepada masyarakat bisa maksimal. Saya berharap kegiatan ini bisa terus kami laksanakan terutama di lingkungan pondok pesantren, karena kita tau pesantren merupakan titik krusial penyebaran Covid-19," pungkasnya. 

 

Baca jugaAnsor Tegal Gandeng RS Harapan Sehat Sediakan 1.200 Dosis Vaksin untuk Masyarakat

 

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Bumijawa H Idham menyampaikan terima kasih kepada PC GP Ansor Kabupaten Tegal dan RS Harapan Sehat Slawi atas kepercayaannya sebagai tempat penyelenggaraan vaksinasi massal GP Ansor untuk masyarakat. 

 

"Alhamdulillah vaksinasi Zona 5 di Bumijawa berjalan lancar. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu suksesnya vaksinasi ini. Antusias masyarakat cukup tinggi dan masyarakat tervaksin melebihi target yakni 226 orang," pukasnya. 

 

Kontributor: Nurkhasan
Editor: M Ngisom Al-Barony