Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Covid-19 Meluas, Ansor Jateng Jadwal Ulang Seluruh Kegiatan 

Covid-19 Meluas, Ansor Jateng Jadwal Ulang Seluruh Kegiatan 
Ketua PW GP Ansor Jateng H Sholahuddin Aly (Foto: Istimewa)
Ketua PW GP Ansor Jateng H Sholahuddin Aly (Foto: Istimewa)

Semarang, NU Online Jateng
Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah menjadwal ulang seluruh kegiatan organisasi yang melibatkan massa sehubungan dengan makin meluasnya penyebaran virus Covid-19 belakangan ini.

 

Ketua PW GP Ansor Jateng Sholahudin Aly mengatakan, penjadwalan ulang atau penundaan seluruh kegiatan itu menindaklanjuti keputusan Rapat Pengurus Harian PW GP Ansor Jawa Tengah, Jumat (4/6) dengan agenda mencermati situasi terkini perkembangan Covid-19 di Jawa Tengah.

 

"Setelah mempelajari dan mendalami perkembangan situasi terkini tentang penyebaran Covid-19 yang semakin meluas, PW GP Ansor Jateng setelah mendapat laporan dari Gugus Tugas GP Ansor Penanganan Covid-19 memutuskan untuk menunda semua kegiatan dari tingkat wilayah hingga ranting, terutama Kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa," kata Gus Sholah di Semarang, Senin (7/6).

 

Menurutnya, Pimpinan Wilayah, Cabang, Anak Cabang dan Ranting GP Ansor se-Jateng sebenarnya pada akhir semester I 2021 sudah siap menggelar berbagai kegiatan, namun ditunda hingga akhir Juni nanti. 

 

"Kegiatan-kegiatan itu meliputi penyelenggaraan Konferensi di tingkat cabang, anak cabang, dan ranting, Kursus Banser Lanjutan (Susbalan), Latihan Instruktur, Kursus Pelatih (Suspelat), Pendidikan dan Pelatihan Khusus (Diklatsus), Pendidikan Kadet Dasar (PKD), dan Pendidikan Pelatihan Dasar (Diklatsar)," terangnya.

 

Dia menambahkan, selain agenda kegiatan  yang sudah dijadwalkan itu jika ada kegiatan lain yang menimbulkan kerumunan massa juga diinstruksikan untuk ditunda. Masa penundaan dihitung 2 x 14 hari atau hingga akhir Juni ini.

 

"Jika pada akhir Juni tidak ada perubahan yang membaik, maka masa penundaan realisasi kegiatan akan diperpanjang lagi sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan," ucapnya.

 

Dikatakan, selain  penundaan pelaksanaan kegiatan PW GP Ansor Jateng juga menginstruksikan agar warga Ansor di Jateng berpartisipasi aktif membantu pemerintah dalam mencegah perluasan Covid-19 yang mengancam keselamatan masyarakat.

 

Ketua PC GP Ansor Kota Semarang Rahul Syaiful Bahri mengatakan, akan memenuhi dan mematuhi instruksi PW GP Ansor itu. Seluruh agenda kegiatan Ansor yang melibatkan massa di Kota Semarang akan ditunda.

 

"Kami mematuhi instruksi PW GP Ansor Jateng, kebijakan ini langsung kami laksanakan dan sosialisasikan kepada kader Ansor di Kota Semarang melalui pimpinan anak cabang dan ranting Ansor," pungkasnya.

 

Penulis: Samsul Huda
Editor: M Ngisom Al-Barony