Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Ansor Gaji Demak Ketuk Pintu Langit agar Bangsa Indonesia Kuat Hadapi Covid

Ansor Gaji Demak Ketuk Pintu Langit agar Bangsa Indonesia Kuat Hadapi Covid
Kegiatan istighotsah secara virtual oleh Ansor Gaji, Guntur, Demak (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Kegiatan istighotsah secara virtual oleh Ansor Gaji, Guntur, Demak (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Demak, NU Online Jateng
Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Gaji, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak menggelar acara doa bersama yang dikemas dalam istighotsah  yang berlangsung Ahad (18/7) malam.

 

Ketua PR GP Ansor Gaji Guntur Suradi mengatakan, agenda kegiatan istighotsah diselenggarakan secara virtual dan diikuti seluruh Nahdliyin di Kecamatan Guntur Demak.

 

"Melalui istighotsah ini kami bersama para kiai di Guntur mengetuk pintu  langit minta pertolongan kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia diberi kekuatan dan ketahanan diri dalam menghadapi wabah covid ini," kata Suradi di sela persiapan pelaksanaan istighotsah di Sekretariat PR Ansor Gaji, Ahad (18/7) siang.

 

Dijelaskan, istighotsah dipimpin para kiai yakni Rais Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Guntur KH Rofiq Anwar, Ketua MWCNU Guntur KH Tamim Romli, Rais PRNU Gaji KH Miftahul Haris, dan Ketua PRNU Gaji KH Jazuli.

 

"Selain memohon diberi pertolongan terhindar dari ancaman covid, istighotsah dan doa bersama untuk bangsa Indonesia agar dianugerahi Allah SWT kekuatan menghadapi covid, ikhtiar yang sudah dijalankan harus diikuti dengan doa," terangnya.

 

 

Dia menambahkan, meski dalam suasana pandemi warga Ansor dan NU Gaji tidak menghentikan aktivitas khidmahnya kepada masyarakat, konsolidasi organisasi, dan konsolidasi bersama warga tetap berjalan dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan (prokes).

 

"Kegiatan mengumpulkan massa dihindari, namun programnya tetap jalan dengan berpedoman pada prokes. Misalnya, kegiatan istighotsah tetap dijalankan dengan peserta dibatasi dilaksanakan secara virtual," ucapnya.

 

Dikatakan, Banser sebagai kader inti Ansor juga demikian. Aktivitas program tidak dihentikan sama sekali, tetapi dijalankan dengan berbagai inovasi dan modifikasi terutama kegiatan sosial, perekonomian, dan pemberdayaan warga.

 

Sekretaris Lembaga Dakwah PCNU Kabupaten Demak Muhammad Nur Ihsan mengatakan, meski dalam suasana pandemi aktivitas dakwah nahdliyah yang dijalankan oleh warga NU maupun NU hendaknya jangan dihentikan.

 

"Tetapi tetap dijalankan melalui berbagai inovasi dengan memanfaatkan IT misalnya. Sehingga NU tetap terasa hadir di hati Nahdliyin ketika sedang menghadapi masalah, termasuk problem covid ini," pungkasnya.

 

Penulis: Samsul Huda
Editor: M Ngisom Al-Barony