Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Syekh Nur Muhammad Alang-alang Ombo Purworejo Turunkan Banyak Kiai

Syekh Nur Muhammad Alang-alang Ombo Purworejo Turunkan Banyak Kiai
Makam Syekh Nur Muhammad di Purworejo Jateng (Foto: NU Online Jateng/Rohadi)
Makam Syekh Nur Muhammad di Purworejo Jateng (Foto: NU Online Jateng/Rohadi)

Syekh Nur Muhammad adalah seorang waliyullah dan tokoh ulama besar yang banyak menurunkan para kiai di Purworejo dan sekitarnya. Makam Syekh Nur Muhammad berada di Dukuh Pesantren, Desa Girigondo, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

 

Makam Syekh Nur Muhammad tepat dibelakang masjid Syekh Nur Muhammad Alang Alang Ombo berada di dalam bangunan seperti rumah (cungkup) dengan satu pintu. Di dalam cungkup, terdapat beberapa makam yang terlihat kuno dan masih asli. Ada juga makam yang sudah ber-unur besar (rumah rayap yang sudah membatu).

 

Sementara di sekitar teras depan cungkup, terdapat banyak makam yang nisannya sejajar dengan lantai, dan masih banyak makam lainnya di sekitar cungkup. Mungkin juga masih termasuk kerabat atau orang orang yang mempunyai hubungan dengan Syekh Nur.

 

Syekh Nur Muhammad diperkirakan hidup pada tahun 1700-1800 Masehi dikenal sebagai seorang ulama besar yang terkemuka dan mempunyai peran penting dalam penyebaran Agama Islam di wilayah Purworejo dan sekitarnya. 

 

Putera dari Syekh Nur Muhammad Alang Alang Ombo yang bernama KH Kistubo adalah seorang ulama terkenal sekaligus Imam masjid di pemerintahan Kutoarjo, atau seorang penghulu (Pengulu Landrat) KH Kistubo dan Putra KH Kistubo yang bernama KH Abu Bakar adalah perintis pengadilan Agama di Kabupaten Purworejo yang di akui sejarahnya di sana. 

 

Jika ditarik ke atas secara silsilah, Syekh Nur Muhammad masih termasuk keturunan ke-7 dari Sunan Ampel. Adapun silsilah beliau sampai kepada Sunan Ampel sebagai berikut :

 

1. Sayyid Ahmad Rahmatullah Adzmatkhan Al-Huseini (Sunan Ampel)
2. Sayyid Qosim Adzmatkhan Al-Huseini (Sunan Drajat)
3. Ki Ageng Lamongan
4. Ki Ageng Surya Alam
5. Kiai Raden Muhammad Ilyas 
6. Kiai Raden Zanzani
7. Syekh Nur Muhammad Alang Alang Ombo

 

Selain makam juga ada masjid Nur Muhammad Alang Alang Ombo yang berada persis di sebelah timur makam. Konon, masjid ini adalah masjid tiban. Masjid ini kemungkinan sudah berumur ratusan tahun. Jika melihat arsitekturnya, masjid ini masih sangat terjaga dan dirawat keasliannya, mulai dari soko guru yang khas, mustaka masjid, dan ada juga tugu jam matahari di depan masjid. 

 

Penulis sendiri pernah sekali napak tilas ke Girigondo, itupun tidak sengaja sama sekali, sebab awalnya tidak ada niatan untuk ke Purworejo. Pada akhirnya penulis pun bisa berkesempatan untuk berziarah ke makam Syekh Nur.  

 

Pewarta : Achmad Rohadi
Editor: M Ngisom Al-Barony