Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Lakmud IPNU-IPPNU Ngaringan Grobogan untuk Cetak Kader Militan  

Lakmud IPNU-IPPNU Ngaringan Grobogan untuk Cetak Kader Militan  
kegiatan Latihan Kader Muda (Lakmud) IPNU-IPPNU Ngaringan, Grobogan (Foto: NU Online Jateng/Afif Jowan
kegiatan Latihan Kader Muda (Lakmud) IPNU-IPPNU Ngaringan, Grobogan (Foto: NU Online Jateng/Afif Jowan

Grobogan, NU Online Jateng

Dalam upaya mencetak kader militan dan berdedikasi, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Ngaringan, Kabupaten Grobogan menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud).

 

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPPNU Ngaringan Dea Arbasari mengatakan, kegiatan Lakmud berlangsung selama 2 hari, Jumat-Sabtu (10-11/9) di  Pesantren Annuroniyyatul Qur'aniyyah, Truwolu.  

 

"Lakmud diikuti 26 peserta yang merupakan kader terbaik utusan ranting se Kecamatan Ngaringan. Dengan pengkaderan ini diharapkan lahir kader militan, berdedikasi, serta mampu meningkatkan citra organisasi," ujarnya.

 

Menurutnya, proses kaderisasi di dalam organisasi sangat vital kedudukannya. Ibarat jasad tanpa ruh tidak bisa hidup dan tak akan bisa melakukan segala aktivitas layaknya seorang makhluk.

 

"Di dalam organisasi pun sama, di dalamnya akan menghadapi sebuah masalah/konflik dan rintangan tapi juga akan menemukan sebuah jalan keluar untuk memecahkan permasalahan dan rintangan yang dihadapi," ucapnya. 

 

"Di situlah kader dituntut berkomitmen, bertanggung jawab atas amanah organisasi yang telah diembannya karena seperti inilah dinamika sebuah organisasi," sambungnya.

 

Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Ngaringan Ahmad Muhtar menyampaikan apresiasi atas digelarnya Lakmud. Menurutnya, nilai plus IPNU-IPPNU itu pengkaderan dilaksanakan secara nyata, terarah, dan jelas tujuannya.  

 

"Jadi ketika terjun di masyarakat mereka akan siap untuk menghadapi perkembangan zaman dan tidak akan mudah terbawa arus globalisasi. Ajak mereka yang belum mengikuti IPNU-IPPNU, karena masa depan bangsa akan lebih cerah bila diisi oleh kader-kader IPNU-IPPNU," ungkapnya.

 

Sejumlah narasumber dan materi disuguhkan dalam Lkmud. Para peserta nampak sangat antusias mengikuti setiap sesinya.

 

Salah satu peserta asal PR IPPNU Belor Lakmud Mufatul Jannah mengatakan, dirinya merasa senang bisa mengikuti Lakmud. Pasalnya, banyak ilmu yang dia peroleh untuk bekal mengelola organisasi NU di tingkat pelajar.

 

"Kegiatan ini awalnya saya kira akan membosankan, tetapi setelah saya masuk di dalamnya dan saya bertemu dengan orang-orang yang luar biasa, itu merubah 180% dari persepsi saya di awal," ungkapnya.

 

Kontributor: Afif Jowan
Editor: M Ngisom Al-Barony