Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Innalillahi, Pengasuh Pesantren Al-Falah Ploso Kediri KH Zainuddin Djazuli Berpulang

Innalillahi, Pengasuh Pesantren Al-Falah Ploso Kediri KH Zainuddin Djazuli Berpulang
Almaghfurlah KH Zainuddin Djazuli (Foto: Istimewa)
Almaghfurlah KH Zainuddin Djazuli (Foto: Istimewa)

Kediri, NU Online Jateng
Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Indonesia kembali dirundung duka. Pengasuh Pesantren Al-Falah Ploso, Mojo, Kediri KH Zainuddin Djazuli meninggal dunia. Almarhum menghembuskan nafas terakhir di RSUD Iskak Tulungagung pada Sabtu (10/7). 

 

Kabar duka menyebar dengan cepat di berbagai media sosial. Termasuk grup-grup WhatsApp. “Inna lilillahi wa inna ilaihi roji'un. Baru saja KH Zainuddin Djazuli pengasuh PP Al-Falah Ploso kapundut,” demikian isi informasi tersebut.

 

Ucapan belasungkawa juga terpantau dari akun twitter DPW PKB Jakarta "Turut berduka cita atas wafatnya KH Zainudin Djazuli Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri. Al-fatihah".

 

Kepergian almarhum menyisakan duka mendalam. Tidak terkecuali Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. KH Zainuddin Djazuli  dikenal sebagai sosok ulama yang tegas dan berani mengambil risiko.

 

Hal itu diungkapkan Sekretaris PWNU Jatim Ahmad Muzakki kepada NU Online Jatim. “Kita semua kehilangan kembali sosok ulama yang tegas, disiplin penuh wibawa dan risk-taker,” kata pria yang akrab disapa Prof Zaki tersebut.

 

Lebih lanjut ia menuturkan, Mustasyar PWNU Jatim itu merupakan ulama yang menebar manfaat bukan hanya untuk urusan keagamaan. Melainkan lebih luas di publik dengan urusan kemasyarakatan dan politik.

 

“Beliau sosok kiai yang tidak hanya memberi manfaat dengan keilmuan agamanya. Tapi sekaligus memperluas nilai kemanfaatan beliau ke urusan publik lebih luas melalui langkah kemasyarakatan dan politik,” ungkapnya.

 

Prof Zaki menegaskan bahwa Umat Islam khususnya Nahdliyin kehilangan atas wafatnya KH Zainuddin Djazuli. “Kita semua kehilangan atas wafatnya beliau,” pungkasnya. 

 

Putra Sang Blawong Telah Berpulang

 

KH Zainudin Jazuli atau akrab dipanggil yai Din adalah putra sulung dari enam bersaudara pasangan KH Ahmad Jazuli Utsman, pendiri Pesantren Al-Falah Ploso Kediri. Beliau juga merupakan kakak kandung dari Gus Miek (KH Chamim Djazuli), almaghfurlah yang terkenal dengan kewaliannya.

 

KH Ahmad Jazuli Utsman ayah yai Din merupakan santri kebanggaan gurunya KH Zainudin sewaktu mondok di Mojosari. Bahkan beliau diberi julukan "Blawong". Blawong adalah nama burung piaraan para raja pada zaman dahulu. Burung ini istimewa karena saat berkicau maka akan membuat orang-orang di sekitarnya terdiam seakan terhipnotis oleh suara merdunya. Sang guru sepertinya mempunyai keyakinan bahwa suatu saat nanti muridnya akan menjadi sosok mulia di kemudian hari layaknya sang Blawong.

 

Kecintaan sang guru rupanya tidak salah alamat. Terbukti di kemudian hari sosok KH Ahmad Jazuli menjadi sosok yang alim alamah dan sangat mencintai ilmu. Rupanya kecintaannya pada ilmu menurun kepada putra putrinya tak terkecuali putra sulungnya Yai Din.

 

KH Zaenudin Djazuli merupakan sosok kiai yang sangat padat dalam mengajar, dalam sehari bisa mengajar 5 pelajaran di pesantren. Bakda subuh, Gus Dien mengajar Kitab Asymuni Sarah Alfiyah (ilmu lughot). Sore mengajar Kitab Fathul Qorib (fiqih), Kitab Ta’lim (moral), Kitab Bidayah (tasawuf dasar), dan Ba’da Maghrib mengajar Kitab Ihya Ulumuddin (tasawuf tinggi), Shahih Muslim (hadits).

 

Rekam jejak Yai Din di dunia politik terlihat pada tahun 1984 setelah NU memutuskan kembali ke Khittah 1926. Yai Din menjadi jurkamnas Golkar hingga tahun 1998. Pada medio 1998-1999 Yai Din ikut mendirikan PKB sekaligus duduk di jajaran Dewan Syuro DPP PKB. Pada tahun 2010 Kyai Din juga turut mendirikan PKPNU.

 

Kini Putra Sang Blawong telah berpulang. Keluarga besar NU Online Jateng dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah turut menyampaikan taroji’

 

انالله وانااليه راجعون

Teriring Doa :

 

اللهـم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه واجعل الجنة مثواه واجعل اهله من الصالحين والصابرين والمتوكلين والمتقين والفائزين دنياهم واخراهم والمجاهدين في الدين برحمة رب العالمين وبجاه سيد المرسلين وبسرالفاتحة:
بسم الله الرحمن الرحيم الحمدلله رب العالمين الرحمن الرحيم مالك يوم الدين إياك نعبد وإياك نستعين إهدناالصراط المستقيم صراط الذين انعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولاالضالين امين

 


Kontributor: Naeli Rokhmah
Editor: M Ngisom Al-Barony