Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

NU Online Kembali Buka Kelas Menulis Jurnalistik

NU Online Kembali Buka Kelas Menulis Jurnalistik
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Jakarta, NU Online Jateng
Situs resmi Nahdlatul Ulama NU Online kembali mengadakan 'Kelas Menulis Jurnalistik' secara daring. Kelas berlangsung dalam delapan pertemuan setiap Sabtu pukul 10.00-12.00 WIB mulai 14 Agustus-2 Oktober 2021.   

 

Seperti pada penyelenggaraan kelas jurnalistik sebelumnya pada November 2020 lalu, pelatihan diadakan untuk memberikan keahlian dan kecakapan kepada kontributor NU Online maupun calon kontributor NU Online di bidang kewartawanan. 

 

"Selesai mengikuti kelas menulis ini, peserta diharapkan memiliki pemahaman, pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang memadai dalam hal penulisan jurnalistik," ujar Direktur Sekolah Jurnalistik NU Online Kendi Setiawan.   

 

Disampaikan, dalam kelas menulis dibahas antara lain dasar-dasar jurnalistik meliputi jurnalisme online, tugas pewarta, tata cara penulisan warta, reportase, teknik wawancara, dan penyuntingan tulisan. 

 

"Dalam kelas, peserta diajak menguasai berbagai teori kewartawanan melalui praktik menulis atau langsung terjun ke lapangan. Tujuannya agar peserta memiliki kemampuan dasar untuk menjadi pewarta," terangnya kepada NU Online Jateng, Sabtu (31/7).   

 

Ditambahkan, pendekatan pembelajaran yang dilakukan meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, pemecahan masalah, dan pendampingan menulis akan menjadi pelengkap. Peserta juga diberikan tugas penyajian karya jurnalistik berupa warta dan praktik wawancara.   

 

"Penyelenggaraan kelas jurnalistik kali ini agak berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, terutama tidak ada batasan usia bagi calon peserta, serta membuka peluang keikutsertaan masyarakat umum," ungkap Kendi yang juga redaktur NU Online ini. 

 

Calon peserta diharapkan mendaftar melalui tautan bit.ly/KelasJurnalistikNUO2021. Bagi peserta yang tidak memenuhi syarat, uang pendaftaran akan dikembalikan dengan potongan Rp10.000 sebagai biaya administrasi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung: 0889-0546-7739.   

 

Editor: M Ngisom Al-Barony