Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Optimis Hadapi Krisis, Penjualan Newgraha Habis Lampaui Target

Optimis Hadapi Krisis, Penjualan Newgraha Habis Lampaui Target
CEO PT Newgraha Sang Juara, Siswo Nugroho memotong tumpeng peringatan Hari Pers Nasional 2021. (Foto: Dokumentasi)
CEO PT Newgraha Sang Juara, Siswo Nugroho memotong tumpeng peringatan Hari Pers Nasional 2021. (Foto: Dokumentasi)

Semarang, NU Online Jateng

Setiap kesukaran, pasti ada celah kemudahan. Krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 harus disikapi dengan positif dan optimis. Berusaha sembari berdoa kepada Allah Ta'ala yang mencipta jagat raya ini tetap dilakukan sebagaimana biasanya.

 

"Setiap kesukaran, ada kemudahan asalkan kita mau berusaha dan mempunyai ilmunya," kata Chief Executive Officer (CEO) PT Newgraha Sang Juara, Siswo Nugroho.

 

Siswo, sapaan akrabnya mengatakan hal itu saat memperingati Hari Pers Nasional 2021 di kantornya, Jalan Tentara Pelajar 1, Kota Semarang, Selasa (9/2).

 

Sekretaris Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Jateng ini melanjutkan, krisis yang melanda Indonesia di tahun 98 mungkin hanya sekitar 6 bulan. Pun demikian, dampaknya tidak begitu dirasakan di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

 

"Berbeda dengan krisis akibat pandemi ini, banyak pengusaha yang tersungkur. Daya beli masyarakat benar-benar turun, tapi kita harus optimis, kita harus berfikir positif terhadap kehendak Allah," tuturnya.

 

Siswo lantas menerangkan, PT NewGraha Sang Juara sebagai salah satu perusahaan pengembang perumahan asal Kota Lumpia ini justru mampu melampaui target penjualan. Tercatat, di tahun 2020 berhasil membukukan seluruh rumah yang dibangun di Ungaran, Kabupaten Semarang dan Ngaliyan, Kota Semarang, semuanya ludes terjual. 

 

Mengawali tahun 2021, PT NewGraha percaya diri menambah proyek perumahan bertipe menengah-atas. Yakni di rentang harga Rp 500 juta hingga di atas Rp 1 miliar. Juga membangun komplek rumah toko (ruko) model cluster di Batu, Malang, Jawa Timur.

 

Dijelaskan, pola di perusahaannya tidak membebankan penjualan hanya kepada tim sales marketing. Melainkan semua karyawan diajak berlomba-lomba promosi. "Kami berlomba menjual properti yang kami bangun. Semua  berpromosi," ungkapnya. 

 

Siswo melanjutkan, tahun ini perusahaannya mempersiapkan menjadi perusahaan terbuka yang sahamnya dijual bebas di Bursa Efek Indonesia. Istilah umumnya IPO: Initial Public Offerin. "Mohon doanya, kami tahun ini mempersiapkan diri untuk IPO. Go Public," pintanya. 

 

Manager Marketing PT NewGraha Sang Juara Anjar menambahkan, ia sangat bersyukur telah mampu melampaui target penjualan sejak November 2020. Meskipun ketika itu, semua pengembang ketar-ketir atas kondisi ekonomi yang sedang lesu.

 

"Alhamdulillah, melebihi 100 persen dari target perusahaan kami. Padahal sempat kuatir di masa pandemi," bebernya.

 

Diantara kunci keberhasilan tersebut, lanjut dia, adalah dedikasi para karyawan yang mayoritas berusia  muda dan sangat semangat bekerja. Sehingga atas sukses tersebut, seluruh karyawan PT NewGraha yang berjumlah 48 orang diajak berwisata alam dan arung jeram di Kali Serayu Banjarnegara, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. 

 

"Para karyawan yang berprestasi diberi hadiah di acara yang kami sebut Team Building and Rafting dengan tema United for Growth," sambung Ketua Panitia, Hamid.

 

Bahagia. Itulah yang dirasakan. Terucap dari Ana, staf bagian  rumah tangga yang setiap hari bertugas memasak. "Saya sangat senang diajak wisata. Berkat PT NewGraha saya bisa merasakan rafting. Saya belum pernah lho," ujar Ana seraya memamerkan foto ketika arum jeram.

 

 

Penulis: Ahmad Rifqi Hidayat

Editor: Ahmad Hanan

// centerMode:true,