Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Ketika Hidung Tak Mampu Cium Bau Semerbak Wangi

Ketika Hidung Tak Mampu Cium Bau Semerbak Wangi
KH Ahmad Niam Syukri Masruri
KH Ahmad Niam Syukri Masruri

Semerbak wangi bau surga dapat dicium dari jarak seribu tahun perjalanan, kita tidak mampu menghitungnya berapa mil atau berapa kilometer jarak yang ditempuh selama seribu tahun. Dari jarak perjalanan yang sangat jauh itu semerbak wanginya surga sudah tercium, sehingga orang-orang yang menciumnya bergembira dan ingin segera mendekatinya, mereka itulah ahli surga.

 

Kendati dari jarak jauh perjalanan seribu tahun bau wangi surga sudah tercium, tapi ada juga orang-orang yang hidungnya tertutup dan tidak bisa merasakan bau wangi surga (na'udzubillahi min dzalik). Siapa mereka?, yaitu orang yang durhaka kepada ibu bapaknya, orang yang memutus tali persaudaraan, orang tua yang berzina, dan orang yang sombong dengan kekayaan dan jabatannya.

 

Hadits nabi: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

 


فإنَّ ريحَ الجنَّةِ يُوجَدُ مِن مسيرةِ ألفِ عامٍ واللهِ لا يجِدُها عاقٌّ ولا قاطعُ رحِمٍ ولا شيخٌ زانٍ ولا جارٌّ إزارَه خُيَلاءَ رواه الطبراني : المعجم الأوسط تفرد به أحمد بن محمد بن طريف

 

Artinya: Baunya surga dapat dicium sejauh perjalanan 1000 tahun. Demi Allah tidak akan menciumnya seseorang yang mendurhaka kepada ibu bapaknya dan orang yang memutuskan tali persaudaraan, orang tua yang berzina, dan orang yang memanjangkan pakaiannya (melebihi mata kaki) karena sombong. (HR Thabrani)

 

 

KH Ahmad Niam Syukri Masruri, Ketua Lembaga Kajian Informasi dan Dakwah (Elkid), Ketua PW GP Ansor Jateng tahun 1995, dan Sekretaris RMINU Jateng

// centerMode:true,