Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Gelar Latihan Instruktur, IPNU Pekalongan Siapkan Kader Berkualitas

Gelar Latihan Instruktur, IPNU Pekalongan Siapkan Kader Berkualitas
Salah satu sesi pada kegiatan Latihan Instruktur (LATIN), yang diselenggarakan PC IPNU Kab. Pekalongan (Dok. NU Online Jateng/ Khairul)
Salah satu sesi pada kegiatan Latihan Instruktur (LATIN), yang diselenggarakan PC IPNU Kab. Pekalongan (Dok. NU Online Jateng/ Khairul)

Pekalongan, NU Online Jateng
Guna meningkatkan kualitas kader serta melahirkan instruktur yang andal, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah mengadakan Latihan Instruktur (Latin). Kegiatan pengkaderan non-formal ini dilaksanakan selama empat hari, Kamis-Ahad (28-31/1), bertempat di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif NU Sragi, Kabupaten Pekalongan.

 

Rangkaian kegiatan Latin, dimulai dari Kelas Dialektika Kader (KDK) yang sudah terselenggara pertengahan Januari lalu, kemudian berlanjut ke tahap screening. Setelah melalui beberapa tahapan, PC IPNU Kabupaten Pekalongan akhirnya meloloskan 12 peserta dari 35 pendaftar. Kedua belas peserta itulah yang kemudian mengikuti LATIN di MTS Ma’arif NU Sragi. 

 

Ketua PC IPNU Kabupaten Pekalongan, Muhammad Wafik Fahmi menjelaskan tujuan serta harapan dengan diadakannya kegiatan LATIN tersebut. Tujuan kegiatan ini, agar terbentuk instruktur yang berkualitas yang nantinya menjadi pendamping sekaligus penggerak kegiatan kaderisasi di Kabupaten Pekalongan.

 

"Kami berharap, lulusan dari pelatihan instruktur ini, nantinya dapat menjadikan organisasi lebih berkualitas,” ujar Wafik Fahmi, saat ditemui NU Online Jateng di sela kegiatan Latin, Ahad (31/1).

 

Koordinator Departemen Kaderisasi Pimpinan Wilayah IPNU Jawa Tengah, Ahmad Mujahid menegaskan bahwa alumni LATIN harus siap untuk menjalankan tugas.

 

“Alumni LATIN yang sudah menjadi instruktur kaderisasi PC IPNU Kabupaten Pekalongan harus siap secara lahir dan batin, karena ini adalah sebuah perjuangan bentuk khidmat kita semua kepada organisasi,” kata dia

 

Ketua Panitia kegiatan Latin, Abdul Qodir Jailani mengungkapkan bahwa para peserta tersebut dibekali dengan sebelas materi plus praktik. 

 

“Pada kegiatan Latin ini terdapat sebelas materi yang merupakan materi-materi yang berkaitan dengan keinstrukturan maupun materi tentang pengkaderan. Lalu juga ada praktik sebagai bekal peserta ketika turun di lapangan,” ucap Qodir.

 

Dalam kegiatan Latin ini, selain diisi dengan berbagai macam materi, juga terdapat inagurasi, bakti sosial, ikrar, dan diakhiri dengan RTL (Rapat Tindak Lanjut).

 

Kontributor : Khairul Anwar
Editor: Ajie Najmuddin