Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Koperasi Ureka Jatman Terima Hibah untuk Bangun Toko di Pesantren

Koperasi Ureka Jatman Terima Hibah untuk Bangun Toko di Pesantren
Koperasi Konsumen Ureka Jatman menerima dana hibah dari Bank Mandiri (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Koperasi Konsumen Ureka Jatman menerima dana hibah dari Bank Mandiri (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Koperasi Konsumen Umat Rejaning Karyo (Ureka) Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) yang bergerak di bidang pengadaan barang dan jasa menerima dana hibah dari salah satu bank pemerintah sebesar Rp2 miliar untuk pembangunan toko (mini swalayan) di 10 pesantren.

 

Dana hibah secara simbolis diserahkan oleh Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian Erlangga Hartarto dalam acara 'Optimalisasi penyaluran KUR dalam meningkatkan kesejahteraan dan pemulihan ekonomi' di Gedung Juned Kota Pekalongan, Kamis (16/9).

 

Baca juga:

 

 

Ketua Koperasi Konsumen Ureka KH Asip Kolbihi kepada NU Online Jateng Jumat (17/9) menjelaskan, ada lima jenis bantuan yang diterima Koperasi Ureka dari Kemenko Perekonomian yakni revitalisasi bangunan UrekaMart pada 10 pesantren di Jabar, Jateng, dan luar Jawa dari Bank Mandiri.

 

"Ada bantuan dari PT Telkom dan Bank Syariah Indonesia (BSI) berupa kartu santri digital, dari Askrindo bantuan berupa instalasi biogas, dan Jamkrindo membantu oven special tea," ujarnya.

 

Ketua Koperasi Ureka KH Asip Kolbihi (baju batik 2 dari kiri) (Foto: M Ngisom Al-Barony

 

Dikatakan, banyaknya bantuan yang diserahkan Kemenko Perekonomian kepada Koperasi Ureka karena memang Ureka bergerak di banyak bidang. "Bahkan dari Deputi 1 Kemenko Perekonomian telah memerintahkan kepada bank-bank pemerintah untuk menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Ureka," ucapnya.

 

Nantinya, untuk menentukan pesantren yang bisa menerima CSR untuk bangun toko swalayan akan diadakan verifikasi kelayakannya, sehingga dana pemerintah bisa berguna tepat sasaran. "Koperasi Ureka sebagai mitra akan bertindak selaku fasilitator dan pengawasnya, jadi akan lebih aman," terangnya.

 

Pihaknya akan terus mendorong pemerintah untuk membiayai pengadaan toko swalayan di lingkungan pesantren di bawah Koperasi Ureka hingga 1.000 tempat di seluruh pelosok Indonesia.

 

Kemenko Perekonomian Erlangga Hartarto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bank Mandiri yang telah menyalurkan dana CSR nya senilai 2 miliar kepada 10 pesantren untuk pendirian mini market (toko swalayan).

 

"Saya mengapresiasi atas langkah yang telah dilakukan Bank Mandiri untuk menyalurkan dana CSR kepada 10 pesantren melalui Koperasi Ureka. Saya berharap Bank Mandiri bisa meningkatkan bantuannya hingga Rp10 miliar," pungkasnya.

 

Selain menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Koperasi Ureka, Kemenko Perekonomian juga menyerahkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pengusaha dan penyerahan 1 ton telor kepada beberapa pesantren dan Kanzus Sholawat di Kota Pekalongan

 

Penulis: M Ngisom Al-Barony
Editor: Samsul Huda