Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Bangun Gedung Sekretariat, Ansor Pekalongan Galang Dana Libatkan Pimpinan Ranting

Bangun Gedung Sekretariat, Ansor Pekalongan Galang Dana Libatkan Pimpinan Ranting
Kegiatan penggalangan dana untuk pembangunan Gedung Ansor Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Bagus Pamuji)
Kegiatan penggalangan dana untuk pembangunan Gedung Ansor Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Bagus Pamuji)

Pekalongan, NU Online Jateng
Ada banyak cara untuk mewujudkan program organisasi terutama dalam pembiayaan kegiatannya. Seperti yang saat ini dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pekalongan berencana membangun gedung sekretariat yang representatif dengan melakukan penggalangan dana kepada masyarakat sebagai wujud kemandirian.

 

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pekalongan HM Sholahuddin menyampaikan,  pengadaan Kantor GP Ansor merupakan program yang sangat mendesak. Mengingat sekretariat yang selama ini digunakan sudah tidak mampu menampung seluruh aktivitasnya.

 

"Jadi program pengadaan gedung ini sebetulnya sudah ada dari periode sebelumnya, bahkan pada periode Sahabat Ahsin juga sudah merancang. Selain itu, kebutuhan akan aktivitas Ansor yang semakin banyak," ungkapnya kepada NU Online Jateng, Ahad (12/9).

 

 

Disampaikan, saat periode kepengurusannya, gagasan untuk mewujudkan semakin kuat. Pada saat rapat kerja jajaran pengurus banyak yang mengusulkan untuk melanjutkan. "Jadi ini adalah program estafet yang termasuk al-mukhafadzah, meneruskan sesuatu yang baik," ucapnya.

 

Dijelaskan, untuk penggalangan dana pihaknya melaksanakan dengan gerakan 'tumplek ponjen' yakni penggalangan dana dengan sistem dari pintu ke pintu secara serentak di seluruh pimpinan ranting se-Kabupaten Pekalongan.

 

"Pemilihan sistem tumplek ponjen ini sendiri sebagai salah satu terobosan Ansor agar tidak membebani bagi siapapun yang ingin berkontribusi dalam pemberian sumbangan pembangunan Gedung GP Ansor," ungkapnya.

 

"Memang dalam benak kita cenderung ingatnya proposal, sedangkan kalau proposal kita ngasih sedikit gak enak, mau ngasih banyak gak ikhlas. Dan dengan tumplek ponjen kita mau ngasih berapapun kita ikhlas," sambungnya.

 

Hingga berita ini ditulis, panitia pembangunan gedung Ansor Kabupaten Pekalongan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp370 juta.

 

"Sebagai ketua saya merasa sangat senang atas gerakan tumplek ponjen sahabat-sahabat khususon kader-kader Ansor banser yang di ranting yang secara suka rela menjalankan agenda tumpek ponjen. Semoga harapan kita bisa  terwujud memiliki Kantor GP Ansor," harap Gus Sholah.

 

 

Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Pekalongan Fatkhudin menyampaikan data sementara terkumpul Rp370 juta. Dirinya optimis perolehan bantuan dari para donatur akan terus bertambah untuk memenuhi kebutuhan pembangunan.

 

"Ini sifatnya masih sementara, karena di beberapa lokasi masih berjalan, semoga hasilnya maksimal. Kami juga open donasi kepada kader Ansor atau Nahdliyin yang berada di luar daerah untuk kesuksesan program ini bisa ditransfer ke rekening atas nama PC GP ANSOR KABUPATEN PEKALONGAN, BRI 369001033346532," pungkasnya.

 

Kontributor: M Bagus Pamuji
Editor: M Ngisom Al-Barony