Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Bila Rasa Malu Sudah Tak Dimiliki

Bila Rasa Malu Sudah Tak Dimiliki
KH Ahmad Niam Syukri Masruri
KH Ahmad Niam Syukri Masruri

Kalau seseorang masih memilik rasa malu itu pertanda kebaikan akan bersamanya, mengapa? Karena rasa malu adalah pangkal bermuaranya kebaikan, semakin tinggi rasa malu seseorang semakin banyak kebaikannya.

 

Sebaliknya, orang yang rasa malunya mulai memudar, jangan harap kebaikan akan bersamanya, mengapa? Karena orang yang tidak memiliki rasa malu keberadaannya tidak akan segan melakukan apa saja.

 

Hadits nabi :

 

عَنْ أَبِي مَسْعُوْدٍ عُقْبَةَ بِنْ عَمْرٍو الأَنْصَارِي الْبَدْرِي رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلاَمِ النُّبُوَّةِ الأُوْلَى، إِذَا لَمْ تَسْتَحِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ 

 

Artinya: Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amr Al-Anshary Al-Badry radhiallahuanhu dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda : Sesungguhnya ungkapan yang telah dikenal orang-orang dari ucapan nabi-nabi terdahulu adalah: Jika engkau tidak malu perbuatlah apa yang engkau suka. (HR Bukhari)

 

 

KH Ahmad Niam Syukri Masruri, Ketua Lembaga Kajian Informasi dan Dakwah (Elkid), Ketua PW GP Ansor Jateng tahun 1995, dan Sekretaris RMINU Jateng