Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Fatayat Harus di Garda Terdepan Masalah Perempuan dan Anak

Fatayat Harus di Garda Terdepan Masalah Perempuan dan Anak
Pengurus PC Fatayat NU Kendal yang baru dilantok PW Fatayat NU Jawa Tengah (Foto: NU Onlline Jateng/Fahroji)
Pengurus PC Fatayat NU Kendal yang baru dilantok PW Fatayat NU Jawa Tengah (Foto: NU Onlline Jateng/Fahroji)

Kendal, NU Online Jateng 
Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jawa Tengah Hj Tazkiyatul Mutmainnah meminta Fatayat NU harus peka terhadap masalah stunting, narkoba, kekerasan terhadap anak, dan perempuan.

 

"Juga harus bisa menjadi pionir dan garda depan untuk menjunjung tinggi protokol kesehatan dan menjadi contoh di masyarakat di tengah pandemi Covid-19," tegasnya.

 

Hal itu disampaikan I'in, sapaan akrab Ketua PW Fatayat itu saat melantik Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Kendal periode 2021-2026 di gedung DPRD Kendal, Ahad (6/6).

 

"Oleh karenanya, di tengah pandemi Covid-19 Fatayat NU juga harus peka terhadap masalah seperti narkoba serta kekerasan terhadap anak dan perempuan," pintanya.

 

Di hadapan PAC Fatayat NU se-Kabupaten Kendal, tamu undangan antara lain Bupati, Wakil Bupati, ketua DPRD, PCNU, dan Banom tingkat Cabang, mantan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Jateng itu menekankan bahwa tanggung jawab besar akan diemban Fatayat NU di masa mendatang. 

 

"Oleh karena itu saya meminta Fatayat harus mempersiapkan diri menjadi wanita produktif dengan meningkatkan kapasitas dirinya menghadapi era revolusi industri," ucapnya.

 

Terkait dengan PC Fatayat NU Kendal yang baru dilantik, dirinya berharap di bawah kepemimpinan Nikmallatif untuk yang kedua kalinya PC Fatayat NU Kendal bisa menyusun program yang terukur dan sesuai kebutuhan masyarakat serta menjadi tim yang solid dan kompak agar segala masalah bisa dihadapi.

 

Bupati Kendal Dico M Gurinduto berharap, Fatayat NU Kendal menjadi garda terdepan dalam upaya mengatasi masalah perempuan dan anak dan dapat bersinergi dengan pemerintah.

 

"Fatayat harus bisa bersinergi dengan pemerintah terutama dalam program-program untuk perlindungan perempuan dan anak," pintanya.

 

Senada dengan Bupati Dico, Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun berharap Fatayat NU dapat menyeleraskan program Fatayat dengan program yang ada Kendal untuk pemberdayaan perempuan.

 

Menanggapi harapan banyak pihak, Ketua PC Fatayat NU Kendal Nikmalatif berjanji siap bersinergi dengan Pemkab Kendal untuk mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan perempuan dan anak.

 

Kontributor: Fahroji
Editor: M Ngisom Al-Barony