Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab
OSKANU MA'ARIF NU JATENG

5 Ribu Lebih Peserta Bakal Berkompetisi di Olimpiade Ma'arif Jateng

5 Ribu Lebih Peserta Bakal Berkompetisi di Olimpiade Ma'arif Jateng
foto: logo Oskanu Jateng (Foto: dok)
foto: logo Oskanu Jateng (Foto: dok)

Semarang, NU Online Jateng
Sedikitnya ada 5.221 calon peserta dalam perhelatan Olimpiade Sains dan Ke-NU-an (Oskanu) yang digelar Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah.

 

"Rinciannya jenjang MI/SD sebanyak 2.258 peserta, MTs/SMP 1.640 peserta, MA/SMA 1.175 peserta, dan SMK 148 peserta. Totalnya 5.221 peserta terseleksi yang siap berkompetisi," ujar Ketua Panitia Okanu Jateng Ziaul Haq, Senin (7/6).

 

Dijelaskan Ziaul Haq, Oskanu merupakan kompetisi bidang Sains dan Ke-NU-an bagi para peserta didik di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah. 

 

"Oskanu tahun 2021 ini merupakan kompetisi kedua setelah yang pertama sukses diselenggarakan tahun 2017 di Kota Semarang dengan adanya perbedaan penyelenggaraan yaitu secara daring atau online," lanjutnya.

 

Disampaikan, para peserta akan berkompetisi di bidang studi yaitu Matematika, IPA, PS, dan Ke-NUan. Meskipun dalam pelaksanaanya nantinya secara online, namun harapannya melalui sains dan Ke-NUan peserta didik di bawah naungan LP Ma’arif NU Jawa Tengah mampu menunjukkan kemampuannya untuk terus berpikir dan mendekatkan pada dunia sains. 

 

"Sehingga dalam satu Abad NU nantinya mampu mencetak generasi sehat, berkarakter, dan kompetitif," terangnya.

 

Untuk teknis pelaksanaan lanjutnya, dimulai tanggal 14 sampai 23 Juni 2021. Adapun rentetan pendaftaran, persiapan, checking, dan simulasi sudah dimulai sejak 2 Juni 2021 kemarin. 

 

"Kami berharap agar Oskanu meski dilaksanakan secara daring tidak mengurangi substansi kegiatan. Apalagi panitia sudah menyiapkan panduan, sosialisasi lewat website, twibbon, dan tutorial video Youtube," pungkasnya. 

 

Kontributor: Ibda 
Editor: M Ngisom Al-Barony