Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Mengurungkan Niat karena Takut kepada Allah

Mengurungkan Niat karena Takut kepada Allah
KH Ahmad Niam Syukri Masruri
KH Ahmad Niam Syukri Masruri

Ketika seseorang memiliki niat buruk atau berniat ingin melakukan perbuatan maksiat, bisa saja tiba-tiba orang itu mengurungkan niatnya, mungkin karena tidak punya nyali, atau dihalangi oleh orang lain, atau karena bisikan hati nuraninya.

 

Manakala orang-orang yang berniat ingin melakukan maksiat itu kemudian benar-benar merealisasikan niatnya dalam bentuk perbuatan, maka baginya dicatat satu dosa sesuai dengan bobot maksiatnya.

 

Akan tetapi manakala niat jelek itu kemudian dibatalkan dan tidak jadi dilaksanakan, maka baginya tiada dosa, bahkan ada satu pahala kebaikan apabila di dalam mengurungkan niatnya itu didasari oleh rasa takut (khauf) kepada Allah SWT.
 

Hadits nabi:

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ مُحَمَّدٍ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَتْ الْمَلَائِكَةُ رَبِّ ذَاكَ عَبْدُكَ يُرِيدُ أَنْ يَعْمَلَ سَيِّئَةً وَهُوَ أَبْصَرُ بِهِ فَقَالَ ارْقُبُوهُ فَإِنْ عَمِلَهَا فَاكْتُبُوهَا لَهُ بِمِثْلِهَا وَإِنْ تَرَكَهَا فَاكْتُبُوهَا لَهُ حَسَنَةً إِنَّمَا تَرَكَهَا مِنْ جَرَّايَ

 

Artinya:
Dari Abu Hurairah dari Nabi Muhammad Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Malaikat berkata: Rabb, hamba-Mu akan melakukan suatu keburukan  - dan Allah lebih mengetahuinya - Dia berfirman, "Awasilah dia. Jika dia melanjutkan niat buruknya maka kalian tuliskan semisalnya, (sesuai dengan keburukan yang dilakukannya) dan apabila ia meninggalkannya (tidak jadi melakukannya) maka tulislah untuknya satu kebaikan. Karena dia meninggalkan niat buruknya karena Aku". (HR Muslim)

 

 

KH Ahmad Niam Syukri Masruri, Ketua Lembaga Kajian Informasi dan Dakwah (Elkid), Ketua PW GP Ansor Jateng tahun 1995, dan Sekretaris RMINU Jateng