Home Warta Obituari Keislaman Opini Taushiyah Fragmen Madrasah Pesantren Tokoh Sosok Mitra Kiai NU Menjawab

Satkornas Banser Sebut Kerja Sama dan Disiplin Prinsip Utama Organisasi

Satkornas Banser Sebut Kerja Sama dan Disiplin Prinsip Utama Organisasi
Kegiatan Sespim Satkorcb Banser Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Hikam)
Kegiatan Sespim Satkorcb Banser Kabupaten Tegal (Foto: NU Online Jateng/Hikam)

Tegal, NU Online Jateng

Asisten Administrasi dan Personalia (Asminpres) Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Heri Budi Hartono menegaskan, kerja sama dan disiplin merupakan prinsip yang utama dalam organisasi termasuk Banser.

 

"Prinsip-prinsip dasar organisasi harus dipahami dan dilaksanakan bagi setiap pengurus Ansor-Banser di semua tingkatan tanpa terkecuali," tegasnya.

 

Hal itu dikatakan saat mengisi Sesi Pimpinan (Sespim) Satkorcab Banser Kabupaten Tegal di Majelis Talim Mubtabi'il Ulama Desa Bulakwaru Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal, Ahad (10/1). 

 

Disampaikan, dengan kerja sama dan disiplin yang baik, maka akan terwujud organisasi yang solid dan kuat. "Dengan kerja sama dan disiplin tiap-tiap biro, unit, dan Satuan Khusus (Satsus) Banser dapat menjadi tim yang baik dan solid," katanya.

 

Dikatakan, dalam rangka melaksanakan kebijakan Ansor di semua lini, setiap biro, unit, dan Satsus Banser harus pandai menyikapi keadaan. "Dalam masa pandemi saat ini maka semua biro, unit maupun Satsus segera menyiapkan agenda kegiatan agar dapat segera dilaksanakan," tandasnya.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tegal Nurfanani mengungkapkan, kitalah yang membutuhkan Ansor dan Banser, bukan Ansor Banser yang membutuhkan kita. 

 

"Sebab di Ansor Banser bayarannya adalah keberkahan," ungkapnya. 

 

Sebagai kader Ansor Banser lanjutnya, kita mesti berbangga karena Ketua Umum GP Ansor diamanati menjadi Menteri Agama, sebab Gus Yaqut menjadi representasi tokoh muslim muda. Namun demikian, kita tidak boleh jumawa, tetapi justru harus menjaga nama baik tersebut. 

 

"Sebab penting sekali kita menjaga muru'ah organisasi GP Ansor, agar bisa menjadi teladan bagi ormas pemuda yang lain," pungkasnya.

 

Kasatkorcab Banser Kabupaten Tegal Zaeni Mashadi kepada NU Online Jateng, Senin (11/1) menuturkan, Sesi Pimpinan digelar dalam rangka pembekalan pengurus dan jajaran Satkorcab Banser Kabupaten Tegal agar semakin paham dan mumpuni terhadap tupoksi masing-masing Biro dan Satuan. 

 

"Kegiatan diikuti seluruh personel jajaran Satkorcab Banser X31 dan Kasatkoryon Banser se Kabupaten Tegal," ujarnya. 

 

Zaeni berharap, dengan kegiatan Sespim ini jajaran Satkorcab Banser baik dari Biro, Unit maupun Satuan Khusus (Satsus) memahami tugas pokok dan fungsinya sehingga dapat menyusun dan melaksanakan kegiatan yang diprogramkan. 

 

"Mudah-mudahan hasilnya bisa dipraktekkan oleh semua jajaran Satkorcab Banser dan Satkoryon," imbuhnya. 

 

Hadir dalam kesempatan itu jajaran PC GP Ansor Kabupaten Tegal di antaranya Ketua PC GP Ansor Nurfanani, Ketua Majelis Rijalul Ansor Kiai Idris Salis, Sekretaris M Abdul Basir, dan undangan lain. 

 

Kontributor: Hikam, Nurkhasan
Editor: M Ngisom Al-Barony